Penanaman Nilai Beriman Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Pembiasaan Siswa di MTs Al-Ma’arif 03 Singosari

  • Qurroti A’yun Universitas Islam Malang
  • Sinar Mahardika Indriani, Universitas Islam Malang
  • Vivian Anugrah Universitas Islam Malang
  • Vernelysa Amelia Universitas Islam Malang
  • Muhammad Mirzaq Khoiri Universitas Islam Malang
  • Wahyudi . Universitas Islam Malang
Keywords: Penanaman Nilai, Beriman Bertakwa, Akhlak Mulia, Kegiatan Pembiasaan

Abstract

This study aims to find out how to optimize the inculcation of the Value of Faith, Fear of God Almighty and Noble Characters of Pancasila Student Profiles through student coaching activities at MTs Al-Ma'arif 03 Singosari. The student habituation activities that are implemented there are the reading of different books and Surahs of the Qur'an and the development of morals and Islamic values every day. In this study using a qualitative research approach. The design used is a case study. While the instruments used as data collection are interviews and observations. The results of field research show that the results of instilling the value of having faith in God Almighty, and having a noble character are the profiles of Pancasila students through habituation activities, namely in the form of faith in God Almighty and having noble character.

References

Asber. “Upaya Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa Melalui Pembiasaan Shalat Berjamaah di SMA Muhammadiyah Bengkulu Selatan.” al-Bahtsu Vol. 4, No. 2, Desember 2019 (t.t.): 204.
Busthomy, Ahmad, dan Abdul Muhid. “Method Of Learning Perspective Of Alala Tanalul ’Ilma By Imam Al-Zarnuji.” Ta dib : Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 1 (1 Mei 2020): 146–63. https://doi.org/10.29313/tjpi.v9i1.6237.
Darojah, St. “Metode Penanaman Akhlak dalam Pembentukan Perilaku Siswa MTs N Ngawen Gunungkidul.” Jurnal Pendidikan Madrasah 1 (2016): 12.
Farihah, Lailatul. “Diajukan Untuk Melengkapi Tugas-tugas dan Memenuhi Syarat-Syarat Guna Mendapatkan Gelar Sarjana Pendidikan (S. Pd) dalam Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,” 2018, 135.
Firliana. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Siswa Pindahan di SMP Muhammadiyah 2 Rejang Lebong,” 2019.
Hamzah. “Aqidah Menginspirasi Pribadi Muslim berakhlak Mulia.” ARRIYADHAH VOL. XVII NO.1 (Juni 2020): 12.
Husna, Lutfatul, dan Ahmad Zainal Abidin. “Tradisi Pembacaan Surat Al-Waqi’ah Dan Surat Al-Mulk dI Pondok Pesantren Mambaul Hikam II Karanggayam Blitar Jawa Timur” Vol. 9 No.1 (Juni 2020): 29.
Irawati, Dini, Aji Muhamad Iqbal, Aan Hasanah, dan Bambang Samsul Arifin. “Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa.” Edumaspul - Jurnal Pendidikan Vol. 6 No. 1 (1 Maret 2022).
Ismail, Shalahudin, Suhana Suhana, dan Qiqi Yuliati Zakiah. “Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah.” 3 Februari 2021 2, no. 1 (2021). https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.
Kahfi, Ashabul. “Implementas Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa di Sekolah.” DIRASAH, 2022, 138–51.
Kesuma, harma Dkk. Pendidikan Karakter. Bandung: P. T Remaja Rosdakarya, t.t.
Lubis, Agus Salim. “Konsep Akhlak dalam Pemikiran al-Ghazali.” HIKMAH Vol. VI (1 Januari 2012): 58–67.
Maghfiroh, Nurul, M. Djamal, dan Saifudin Zuhri. “Internalisasi Nilai Sikap Sosial Melalui Pembelajaran Kitab Alala di MI Al-Iman Bulus.” As-Sibyan 4, no. 2 (9 Januari 2022): 138. https://doi.org/10.52484/as_sibyan.v4i2.244.
Mahyuddin. Konsep dasar Pendidikan Akhlak dalam Al-Qur‟an dan Petunjuk Penerapannya dalam Hadits. Bandung: Remaja Rosda Karya., t.t.
Mashuri, Imam, dan Ahmad Aziz Fanani. “Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa SMA Al-Kautsar Sumbersari Srono Banyuwangi.” Ar-Risalah XIX Nomer 1 Tahun 2021 (2021): 166.
Pratiwi, Noor Komari. “Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Bekajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tangerang.” Jurnal Pujangga 1 (Desember 2015): 75.
Priyanto, Aris. “Peran Penting Dalam Pembelajaran Daring.” Jurnal Education and development 8 (2020): 94.
Salsabilah, Azka Salmaa, Dinie Anggraeni Dewi, dan Yayang Furi Furnamasari. “Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5 (2021): 7164.
Santika, Rosary Putri. “Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.” 2-16, t.t.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta., t.t.
Umar, Munirwan. “Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak.” JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling 1, no. 1 (1 Januari 2015): 20. https://doi.org/10.22373/je.v1i1.315.
Usman, M. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosda Karya, 2011.
Wibowo, Agus. Pendidikan Karakter. Jakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Yeni, arza. “Pengaruh Metode Pembiasaan Terhadap Proses Belajar Anak di TK HAarapan Bangsa Tanjung Barulak Batipuh,” t.t.
Published
2022-12-30
How to Cite
A’yun, Q., Indriani, S. M., Anugrah, V., Amelia, V., Khoiri, M. M., & ., W. (2022). Penanaman Nilai Beriman Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Pembiasaan Siswa di MTs Al-Ma’arif 03 Singosari. TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 4(2), 59-69. https://doi.org/10.52166/tabyin.v4i2.194
Section
Articles