Urgensi Aspek Psikologis Dalam Pendidikan Islam (Perspektif Ibn Sina dan Ibn Khaldun)

Authors

  • syaifuddin Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.52166/tasyri.v29i01.335

Keywords:

Psikolgi Pendidikan, Pendidikan Islam, Ibn Sina dan Ibnu Khaldun

Abstract

Pendidikan berperan strategis dalam mengantarkan anak untuk mencapai karir hidupnya. Hal ini karena melalui Pendidikan, anak difasilitasi untuk dapat mengasah potensi-potensi yang dimiliki. Artikel ini menyajikan pentingnya aspek psikologis dalam Pendidikan Islam dalam perspektif Ibn Sina dan Ibn Khaldun. Melalui kajian literatur, dijelaskan bahwa aspek psikologis perlu diperhatikan dalam proses pemberian pendidikan kepada anak didik. Psikologis anak perlu diperhatikan dalam pemilihan materi yang tepat dalam pendidikan. Tingkat usia anak mempengaruhi tingkat psikolgis anak tersebut. Dengan demikian, Pendidikan perlu memperhatikan tingkat usia anak. Materi pendidikan untuk usia anak tingkat dasar cukup bersifat sederhana. Perbanyak media konkret yang dapat dimanfaatkan untuk pendidikan anak usia tingkat dasar. Pada masa remaja, materi pendidikan perlu diarahkan pada penelusuran minat dan bakat anak, sedangkan pada usia dewasa, materi pendidikan diarahkan pada proses pengembangan dan pengasahn minat dan bakat. Oleh karenanya, aspek psikologis selalu penting diperhatikan dalam proses pendidikan sampai kapanpun.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-30