Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Pendidikan Luar Sekolah Studi Kasus Majelis Ta'lim Kota Medan
Abstract
Studi ini akan mengemukakan program pendidikan luar sekolah. Pendidikan yang ada di masyarakat tidak dapat mengakomodasi sistem pendidikan formal. Dalam hal ini penulis menggali informasi dari sebuah Majelis Ta’lim untuk menganalisis dan mengevaluasi dampak program pendidikan luar sekolah Majelis Ta’lim, khususnya program zikir wa sholawat ArRaudhah, terhadap pemberdayaan masyarakat di kota Medan. Penelitian ini menunjukkan bahwa program pendidikan luar sekolah Majelis Ta’lim telah berhasil mencapai tujuannya dalam pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research).
References
Anwar, Rosehan. Majelis Taklim Dan Pembinaan Umat. Jakarta: Puslitbang, 2006.
Dzul Fadli Sya’bana, Syah Wardi. “KAUM MODERNIS DI NUSANTARA: Jami’at Khair.” Islamijah: Journal of Islamic Social Sciences 2, no. 3 (2021).
Fitri, Mulyani. “Hubungan Antara Sikap Peserta terhadap Program Majelis Taklim dengan Partisipasinya dalam Mengikuti Kegiatan Majelis Taklim.” Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS) 1, no. 1 (2013).
Helmawati. Pendidikan Nasional Dan Optimalisasi Majelis Ta’limim Peran Aktif Majelis Ta’limim Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Mulyana, Dedy. Metodologi Penelitian Kualitatif (Paradigma Baru Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Sosial Lainnya). Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Suryadi, Ace. Pendidikan, Investasi SDM, Dan Pembangunan. Jakarta: Balai Pustaka, 2005.
Copyright (c) 2024 TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.