Konsep Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5 PPRA) dalam Kurikulum Merdeka

  • Miftakhul Muthoharoh
Keywords: Pelajar Pancasila, Pelajar Rahmatan Lil Alamin, P5 PPRA

Abstract

Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5 PPRA) merupakan program yang diinisiasi oleh pemerintah untuk memperkuat pemahaman nilai-nilai pancasila dan ajaran islah dikalangan siswa untuk menghadapi berbagai tantangan yang semakin kompleks dalam pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Project Penguatan profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5 PPRA) yang diterapkan dalam kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5 PPRA) bisa dilaksanakan melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, kokurikuler, dan budaya madrasah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chumi Zahroul Fitriyah dan Rizki Putri Wardani, “Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar,” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 12, no. 3 (2022): 240.
Fauziyah, Yosi Oktaviani, Relevansi Empat Pilar Pendidikan dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil’ Alamin (P5PPRA), Jurnal PenaEmas, Vol. 1, No.2, Oktober 2023p-ISSN: 2986-948X e-ISSN: 2986-9447, hal. 147
Imas Kurniasih, A-Z Merdeka Belajar + Kurikulum merdeka, (Kata Pena, 2022), h.5-7
Kemdikbud Ristek, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila,
Maimunatun Habibah dan Edi Nurhidin, “Profil Pelajar Dalam Kurikulum Merdeka Madrasah Di Era VUCA,” Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman 13, no. 2 (26 September 2023): 215.
Muchamad Mufid, “Penguatan Moderasi Beragama Dalam Proyek Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin Kurikulum Merdeka Madrasah,” QuranicEdu: Journal of Islamic Education 2, no. 2 (1 Maret 2023): 143
Quroti A’yun, dkk, Problematika Kurikulum Merdeka Pembelajaran Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti di SMKN 4 Malang, Jurnal Tasyri’: Jurnal Tarbiyah dan Syari’ah Islamiyah, Vol. 30 No. 02 Oktober 2023, hal. 30
Rusdiana dan Elis Ratnawulan, Manajemen Kurikulum Konsep, Prinsip dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah, 2.
Siti Mahdzuroh, Implementasi P5PPRA pada Kurikulum Merdeka di Madrasah Aliyah Najhatus Sholihin, Prosiding Seminar Internasional Peluang dan Tantangan Perguruan Tinggi di Era Industri 4.0 dan Society 5.0, Vol. 1 No. 1 Desember 2023 h. 14-20
Siti Nur’aini, Implementasi Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P2RA) dalam Kurikulum Prototife di Sekolah/Madrasah, Jurnal Ilmiah Pedagogi, Volume 2 Nomor 1 Februari 2023.
Published
2024-04-30
Section
Articles