Pengaruh Penggunaan Strategi Belajar Afektif terhadap Keterampilan Berbahasa Indonesia Siswa Kelas VII MTs. Al Falah Al Islami Tahun Pelajaran 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.52166/tasyri.v28i02.541Keywords:
strategi belajar afektif,, keterampilan berbahasa Indonesia, teks fabelAbstract
Salah satu strategi yang dapat digunakan meningkatkan keterampilan berbahasa adalah strategi afektif, strategi belajar afektif terdiri dari tiga komponin yaitu, (1) merendahkan kegelisahan, (2) mendorong diri sendiri, dan (3) mendapatkan suhu emosi.
Penelitian ini menggukan pendekatan kuantitatif dengan rancangan ekpos facto. Data diperoleh dengan menggunakan angkat dan tes, angket digunakan untuk menggali informasi tentang penggunaan strategi afektif, sedangkan tes digunakan untuk menggali data tentang pencapaian kemampuan berbahasa Indonesia siswa. Untuk menganalisi empat rumusan masalah dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka digunakan rumus statistik deskriptif dengan SPSS 20
Bardasarkan hasil analisis data dapat dikemukakan beberapa paparan berikut, yakni (1) Pengaruh penggunaan strategi belajar afektif terhadap keterampilan menyimak masuk katagori kuat atau signifikan dengan nilai koefisien determinasi (R Squere) sebesar 64,5% dan besar nilai pengaruh/korelasi
(R) yang mendekati angka 1 (0-1) yaitu 0,803, (2) Pengaruh penggunaan strategi belajar afektif terhadap keterampilan berbicara masuk katagori kuat atau signifikan dengan nilai koefisien determinasi (R Squere) sebesar 62,7%



