PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK

  • Putri Silvia Febrianti Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Lilis Karyawati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nia Karnia Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: pendidikan, pembelajaran

Abstract

Pendidikan merupakan usaha manusia untuk membina kepribadian dan kemampuannya sesuai dengan nilai-nilai di dalam kebudayaan bangsa. Untuk itu pendidikan sangatlah penting untuk menciptakan penerus generasi yang berkualitas dan memiliki keterampilan, agar peserta didik mampu mengembangkan potensi untuk memiliki nilai spiritual, pengendalian diri, kepribadian, kepandaian, akhlak yang baik, serta bertanggung jawab, kepada masyarakat, bangsa dan Negara. Menurut Saefuddin & Berdiati [1]Model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur sistematis dalam mengorganisasikan sistem belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu dan berfungsi sebagai pedoman bagi perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan dan melaksanakan aktivitas pembelajaran

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran akidah akhlak kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Al-I’anah Kosambi Karawang pada tanggal 27 Februari 2023 , menyatakan bahwa rendahnya kemampuan peserta didik dalam menguasai materi akidah akhlak, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata Ulangan Semester Ganjil masih dibawah standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70.

Oleh karena itu penting menciptakan kondisi tertentu dalam pembelajaran agar siswa selalu termotivasi, berminat, dan selalu ingin belajar. Belajar  sebagai proses dapat dikatakan sebagai kegiatan seseorang yang dilakukan dengan  sengaja melalui penyesuaian tingkah laku dirinya dalam upaya meningkatkan  kualitas hidupnya. Jika dilihat dari beberapa penjelasan diatas penyesuaian model, media dan strategi dalam pembelajaran sangatlah penting untuk membantu siswa mencapai hasil belajar yang maksimal, untuk itu peneliti menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Aqidah Akhlak.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kune Syarifuddin. 2014. Perencanaan Pembelajaran. Makassar : Unismuh.
Purwanti, Eni & Salamah. 2011. Upaya Peningkatan Minat dan Pestasi Belajar IPS Melalui Metode Quantum Teaching Siswa Kelas V SD Tegalsari
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Published
2024-10-26
Section
Articles