PENERAPAN MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstract
Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Mempawah Hilir Kabupaten Mempawah telah menerapkan kurikulum merdeka dalam pembelajaran. Namun penerapannya belum optimal sesuai dengan harapan semua pihak. Berdasarkan permasalahan diatas maka peneliti tertarik untuk lebih mengetahui lebih mendalam tentang penerapan merdeka belajar dalam meningkatkan kreativitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini berada di SMPN 1 Mempawah. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan verifikasi data atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan 1. Perencanaan merdeka belajar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kreativitas belajar peserta didik di SMPN 1 Mempawah Hilir Kabupaten Mempawah sudah dilakukan guru dengan cara a) menganalisis hasil belajar (CP) untuk mengembangkan tujuan pembelajaran dan proses tujuan pembelajaran, b) merencanakan dan melakukan penilaian diagnostik, c) mengembangkan modul ajar, d) penyesuaian pembelajaran dengan tingkat pencapaian dan karakteristik siswa, e) merencanakan, melaksanakan, dan memproses penilaian formatif dan sumatif, f) pelaporan kemajuan belajar, dan g) penilaian dan evaluasi pembelajaran. 2. Pelaksanaan merdeka belajar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kreativitas belajar peserta didik di SMPN 1 Mempawah Hilir Kabupaten Mempawah meliputi tiga tahap yaitu kegiatan pendahuluan berisi salam, sapa, dan apersepsi, kegiatan inti berisi penyampaian materi, dan kegiatan penutup berisi penilaian atau asesmen. Begitu juga dengan model, metode, dan media pembelajaran yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan modul ajar. 3. Evaluasi merdeka belajar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kreativitas belajar peserta didik di SMPN 1 Mempawah Hilir Kabupaten Mempawah dibagi menjadi tiga yaitu asesmen diagnostik, asesmen formatif, dan asesmen sumatif, yang mana ketiganya memiliki tujuan masing-masing dalam proses penilaian pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, guru sudah menerapkan ketiga asesmen tersebut, namun hanya terfokus pada tes lisan dan tes tertulis.
Downloads
References
Ashofiyah. Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum dalm Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2018.
D, Irawati, Iqbal, AM & B.S Arifin, 2022. Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya
Mewujudkan Karakter Bangsa. edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238. http://doi.org/10.33487/edumaspul.v61.3622.
Dela Khoirul Ainia, Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter, Jurnal Filsafat Indonesia, Vol 3 No 3 Tahun 2020 ISSN: E- ISSN 2620-7982, P-ISSN: 2620-7990.
Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003
Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.
Farhana, 2022. Merdekakan Pikiran dengan Kurikulum Merdeka: Memahami Konsep
hinga Penulisan Praktik Pembelajaran di Kelas, Bogor: Lindan Bestari.
Gintings, Abdorrakhman, 2008. Esensi Praktis; Belajar & Pembelajaran, Bandung:
Huminiora.
Hutabarat, Hasrida dkk, 2023. Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SMA
Negeri Sekota Padang Sidimpuan, Jurnal Pendidikan; Institut Pendidikan Tapanuli Selatan.
Irsyad Kamal, dkk, Pembelajaran di Era 4.0, Aplikasi Teknologi Informasi dalam Pembelajaran, (Yrama Widya: Bandung; 2020).
Jihad, Asep. 2009. Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kamal, Arsyad, 2020. Pembelajaran di Era 4.0 Aplikasi Teknologi dan Informasi dalam
Pembelajaran, Bandung: Yrama Widya.
Kemdikbud, 2020. Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka,
http://ditpsd.kemdikbud.go.id.
Kemdikbud. (2020), Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. http:/ditpsd.kemdikbud.go.id
Khoirurijal, dkk, 2022. Pengembangan Kurikulum Merdeka, Malang: Literasi Nusantara
Abadi.
Kurniasih, Imas, 2023. Implementasi Kurikulum Merdeka, Jakarta: Kata Pena.
Moh Nazir. Metode Penelitian¸ (Jakarta : Ghalia Indonesia, 2009).
Suharsimi Arikunto, Penelitian Tindakan Kelas,(Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2014)..
Copyright (c) 2024 Ellita Apriani, Arnadi, Suriadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.