IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN OLEH GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

  • Nuryati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Oyoh Bariah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • M. Makbull Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: pendidikan karakter, pembelajaran, pembiasaan

Abstract

Penanaman nilai karakter di sekolah sangatlah penting. Namun pada kenyataannya hal tersebut dirasa belum optimal, terlebih zaman yang terus berkembang membuat anak semakin mudah mengakses media sosial. Keberhasilan tujuan pendidikan ditentukan oleh kegiatan belajar mengajar di sekolah. Tentunya bukan hanya dalam ranah ilmu pengetahuan, akan tetapi dari segi akhlak dan perilaku. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMPN 2 Tempuran. Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan pembiasaan dari guru pendidikan agama Islam. Berdasarkan pengamatan tersebut peneliti mengharapkan guru mata pelajaran PAI harus bisa mengajak guru-guru untuk bisa bekerjasama dalam membiasakan kebiasaan baik di ekolah, membangkitkan animo belajar siswa menjadi lebih bersemangat dalam belajar dan dapat mengamalkan apa yang sudah dipelajari, terlebih guru PAI harus dapat membauat pembelajaran menjadi lebih menarik dan kreatif berbasis karakter.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Maunah, B. 2016. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, (1): 90–101.
Ngatiman, N. & Ibrahim, R. 2018. Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam, 18(2): 213–228.
Sugiyono 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ke 2 ed. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Zaluchu, S.E. 2020. Strategi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat, 4(1): 28.
Published
2024-10-26
Section
Articles