Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sajad

  • M. Daud M. Daud Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Strategi, PAI, Menanamkan, Nilai Karakter

Abstract

Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa sangat penting dalam membentuk generasi yang berakhlak mulia. Guru harus menjadi teladan dengan menerapkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari, seperti kejujuran, tanggung jawab, dan toleransi. Melalui pendekatan yang humanis dan kontekstual, guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang relevan dengan kehidupan siswa, seperti diskusi, studi kasus, dan pengalaman nyata. Selain itu, pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam setiap mata pelajaran dan aktivitas sekolah membantu memperkuat pemahaman siswa terhadap pentingnya karakter yang baik dalam kehidupan. Kajian ini difokuskan pada aspek 1) Bagaimana Penerapan Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan  Nilai- nilai karakter pada siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sajad, 2) Bagaimana Implikasi Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan  Nilai- nilai karakter pada siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sajad. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah Deskriptif. Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa:1) strategi penanaman nilai karakter kepada siswa berawal dari penyusunan program yang dilakukan oleh kepala sekolah dan seluruh dewan guru yang kemudian di impelementasikan dalam proses pembelajaran dan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Selain itu, metode pembelajaran yang interaktif dan kontekstual, di mana siswa tidak hanya diajarkan tentang konsep-konsep agama secara teoretis, tetapi juga bagaimana nilai-nilai tersebut diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun nilai karakter yang ditanamakn diaantaranya nilai karekter religius, semangat kebangsaan, karekter disiplin, karakter tanggung jawab, peduli lingkungan dan karakter semangat kebangsaan. 2) Implikasi dari penerapan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Sajad memiliki dampak yang luas dan mendalam terhadap perkembangan siswa, baik dari segi akademik maupun moral diantaranya penguatan karakter siswa, meningkatkan prestasi akademik, pengembangan lingkungan sekolah yang kondusif, pengaruh jangka panjang dalam kehidupan siswa. Keterlibatan orangtua dan komunitas.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Suprayitno and W. Wahyudi, Pendidikan Karakter Di Era Milenial (Yogyakarta: Deepublish, 2020).
Abdul Majid, Pendidikan Karakter Perspekif Islam (Bandung: Rosdakarya, 2011).
Abdurrahman An-Nahlawi, Pendidikan Islam Di Rumah Sekolah Dan Masyarakat (Jakarta: Gema Insani Press, 1995).
Ahmad Tafsir, Filsafat Pendidikan Islami (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006).
Anas Salahudin dkk, Sejarah Pendidikan Islam (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2019).
Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan (Jakarta: Raja Granfindo Persada, 2011).
Azman Azman, “NASIONALISME DALAM ISLAM,” Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan 6, no. 2 (December 25, 2017): 266–75, https://doi.org/10.24252/ad.v6i2.4881.
Dian Nastiti, “Penerapan Karakter Disiplin Pada Siswa Kelas 1 Di Masa Pandemi” 6, no. 1 (2022): 3575–80.
Dina Marlina, “Telaah Nilai Pendidikan Karakter Dalam Konsep Pendidikan Akhlak (Kajian Pendidikan Akhlak Di Madrasah,” El-HIKMAH 1, no. 2 (2012): 56.
Doni Koesoema A, Pendidikan Karakter, Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global (Jakarta: Grasindo, 2007).
Ferdinandus Etuasius Dole, “Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik Di Sekolah Dasar,” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 6 (2021): 3675–88.
Ibrahim Sirait, Siddik, & Zubaidah, “Implementasi Pendidikan Akhlak Dalam Pengembangan Pendidikan Karakter Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan,” Edu Riligia 1, no. 4 (2017).
Juliansah Juliansah, “Pemikiran Zakiah Daradjat Tetang Metode Pendidikan Islam” (UIN RADEN INTAN LAMPUNG, 2021).
M Marindah, “Peran Guru Ips Dalam Menanamkan Nilai Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Di Smp Negeri 1 Jetis” (2021).
M. Tolhah Hasan, Dinamika Kehidupan Religius (Jakarta: Listafariska Putra, 2000).
Muchlas Samani dan Hariyanto, Konsep Dan Model Pendidikan Karakter (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2011).
Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi (Bandung: PT. Rosdakarya, 2005).
Noer Hidayatullah, Insan Kamil: Memanusiakan Manusia (Bekasi: Intimedia & Nalar, 2002).
R. D Triyono, T., & Febriani, “Persepsi Peserta Didik Sekolah Menegah Atas Terhadap Pendidikan Lanjutan,” Dudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 3, no. 1 (2018): 70–77, https://doi.org/doi.org/10.32585/edudikara.v3i1.81.
Rahmad Fitriyanto, “Pendidikan Karakter Menurut Zakiyah Daradjat Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Agama Islam” (UIN SUNAN KALIJAGA, 2014).
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Penerbit Kalam Mulia, 2013).
Reni Sofia Melati, Sekar Dwi Ardianti, and Much Arsyad Fardani, “Analisis Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pembelajaran Daring,” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 5 (2021): 3062–71.
Rosniati Hakim, “Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Pendidikan Berbasis Al-Quran,” Jurnal Pendidikan Karakter 5, no. 2 (January 26, 2015), https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2788.
Rukiyati Rukiyati and L. Andriani Purwastuti, “Model Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada Sekolah Dasar Di Bantul Yogyakarta,” Jurnal Pendidikan Karakter, 2016, 140, https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.10743.
S Nasution, Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif (Bandung: Tarsito, 2007).
Salahudin, Anas, Pendidikan Karakter, Pendidikan Berbasis agama dan Budaya Bangsa, Bandung: CV Pustaka Setia, 2017, h.45
sisdiknas, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Jakarta, 2003).
Soeprapto, Membangun Kekuatan Kebangsaan Saat Ini Dan Di Masa Mendatang. (Jakarta: Yrama Widya, 2016).
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2013).
Suyadi, Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter (Bandung: Remaja. Rosdakarya, 2013).
Syaiful Anwar, “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Bangsa,” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2 (2016): 157–69, https://doi.org/10.24042/atjpi.v7i2.1500.
Syaiful Sagala, Konsep Dan Makna Pembelajaran (Bandung: Alfabeta, 2006).
Triatmanto, “Tantangan Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah,” Cakrawala Pendidikan Khusus Die (2010).
Yessy Tri Iswara and Arwanto Harimas Ginting, “Meningkatkan Semangat Nasionalisme Melalui Pendidikan Pancasila Pada Masa Pandemi COVID-19,” Civitas Consecratio: Journal of Community Service and Empowerment 2, no. 1 (June 30, 2022): 11–23, https://doi.org/10.33701/cc.v2i1.2325.
Zakiah Daradjat, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, 2016.
Published
2021-04-30
Section
Articles