Pendidikan Nilai Dalam Filsafat Pendidikan Islam: Pandangan Al-Ghazali Dan Ibnu Khaldun

  • Umniiatuz Zahro UIN Salatiga
  • Nursikin UIN Salatiga
Keywords: Pendidikan Nilai, Al-Ghazali, Ibnu Khaldun

Abstract

Pendidikan nilai dalam filsafat pendidikan Islam merupakan aspek yang krusial dalam membentuk karakter dan moral individu sesuai dengan ajaran agama Islam. Artikel ini membahas konsep pendidikan nilai dalam konteks filsafat pendidikan Islam, dengan menyoroti pandangan dari beberapa tokoh utama seperti Al-Ghazali, Ibnu Khaldun, Ibnu Sina, dan lainnya. Kami mengeksplorasi bagaimana pemikiran-pemikiran tokoh ini memberikan landasan bagi pengembangan nilai-nilai moral, etika, dan spiritualitas dalam pendidikan Islam. Selain itu, kami membahas implementasi konsep-konsep ini dalam praktik pendidikan modern dan relevansinya dalam membentuk individu yang bertanggung jawab dan masyarakat yang beretika. Artikel ini bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam tentang pentingnya pendidikan nilai dalam konteks filsafat pendidikan Islam serta implikasinya dalam pembentukan karakter individu dan masyarakat yang berlandaskan nilai-nilai Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansori, Raden Ahmad Muhajir. 2016. “Strategi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik.” Jurnal Pusaka: Media Kajian dan Pemikiran Islam 4(2): 14–32. http://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnal_pusaka/article/view/84.
Azahra, Fatma. 2022. “Pendidikan Islam Dalam Perspektif Al-Ghazali.” Indonesian Research Journal On Education 3(1): 772–85. doi:10.31004/irje.v3i1.331.
Dodi, Ilham. 2019. “Menggagas Pendidikan Nilai Dalam Sistem Pendidikan Nasional.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 8(3): 109–22. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/73.
Frimayanti, Ade Imelda. 2017. “Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8(2): Hal. 240.
Hidayat, Yayat. 2015. “Pendidikan Dalam Ibnu Khaldun.” Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi: 12–22.
Mahadhir, M Saiyid. 2019. “Pendidikan Islam Menurut Al-Ghazali.” Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah 4(1): 73–86. doi:10.48094/raudhah.v4i1.43.
Margareth, Helga. 2017. “No Title طرق تدريس اللغة العربية.” Экономика Региона: 32.
Rahman, Abd, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, and Yumriani. 2022. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2(1): 1–8.
Sada, Heru Juabdin. 2015. “Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 6, November 2015 P. ISSN: 20869118.” KONSEP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Surat Luqman Ayat 12-19) 6(November): 102–21. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/view/1517.
Sahar, Ahmad. “PANDANGAN AL-GHAZALI TENTANG PENDIDIKAN MORAL.”
Samsul Hidayat, Ana Nur Wakhidah. 2015. “Konsep Pendidikan Islam Ibnu Khaldun Relevansinya Terhadap Pendidikan Nasional.” Profetika: Jurnal Studi Islam 16(1): 93–102.
Sukitman, Tri. 2018. “Internalisasi Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 2(2): 87.
Syahid, Nur. 2020. “Pendidikan Nilai Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam Nur.” Qudwatuna: Jurnal Pendidikan Islam 3(September 2020): 89–100. http://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/95.
Published
2024-10-26
Section
Articles