Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaraan Pendidikan Agama Islam

  • Ahmad Faisal Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Achmad Junaedi Sitika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nurhasan Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Mind Mapping, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Mind mapping adalah sebuah teknik visualisasi yang digunakan untuk mengorganisir informasi dan ide-ide dalam bentuk diagram. Hasil belajar adalah bila seseorang telah belajar akan terjadi perubahan tingkah laku pada orang tersebut. Pembelajaran akan efektif apabila guru mampu memilih metode yang tepat. Dengan pemilihan metode yang tepat akan membuat siswa semangat dalam belajar, dapat memahami materi dan dapat meningkatkan hasil belajar. Demikian akan tercapai tujuan pembelajran yang diinginkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode Mind Mapping dan Hasil Belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII di SMPN 1 Karawang Barat. Berdasarkan hasil analisis deskriptif Metode Mind Mapping peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Karawang Barat berada pada kategori sedang sebesar 65%. Berdasarkan hasil analisis deskriptif Hasil belajar pendidikan agama islam peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Karawang Barat berada pada kategori sedang sebesar 72%. Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana dengan menggunakan aplikasi SPSS, uji persamaan regresinya yaitu: Ŷ = 33,583 + 0,764 X. Hasil uji signifikansi regresi diperoleh nilai signifikan sebesar 0.000, maka nilai sig. 0.000 < 0.05 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa. Dan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,635 yang mengandung arti bahwa persentase sumbangan metode mind mapping terhadap hasil belajar sebesar 63,5%.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid, Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2014)
Buzan, Tony, Mind Map Untuk Meningkatkan Kreativitas (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2006)
Djamaluddin, Ahdar, and Wardana, Belajar Dan Pembelajaran, CV Kaaffah Learning Center, 2019
Hamzah, Amir, Metode Penelitian Kuantitatif Kajian Teoretik & Praktik (Batu: Literasi Nusantara, 2020)
Hikmawati, Citra Roisa, ‘Penerapan Strategi Mind Map Untuk Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar’, Jpgsd, 1.2 (2013), 0–216
Published
2024-04-30
Section
Articles