PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI

  • Nuke Nurfadillah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Achmad Junaedi Sitika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nurhasan Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: penanaman karakter, kedisiplinan, pembelajaran PAI

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penanaman karakter disiplin pada siswa dalam pembelajaran PAI, mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam penanaman karakter disiplin pada siswa dan mengetahui hasil dari penanaman karakter disiplin pada siswa dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Karawang Barat. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Karawang Barat masuk dalam wilayah administrative kelurahan nagasari kode pos 41312 kecamatan Karawang Barat kabupaten Karawang provinsi Jawa barat pada bulan Febuari sampai bulan Juni 2023. Jenis penelitian ini Kualitatif Deskriptif, Dengan menggunakan metode Field research. Dengan instrument pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Populasi yng diambil yaitu keas IX K semester genap 2022/2023 SMP Negeri 1 Karawang Barat yang berjumalh 58 orang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Idris, Z. (1984). Dasar-Dasar Kependidikan. Bandung: Angkasa.
Imron, A. (2011). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Impementasi. Bandung: Alfabeta.
Novan, A. W. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Iman Dan Taqwa. Yogyakarta. Yogyakarta: Teras.
Syarifah, A. S. (2022). Penanaman karakter disiplin siswa dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Cangkuang: Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cangkuang Kabupaten Bandung (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, sKualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (Memahami Penelitian Kualitatif). 2014. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang N0. 20 tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, hlm. 25
Published
2024-10-26
Section
Articles