Pendidikan Islam Perspektif Burhanuddin Az-Zarnuji

(Konsep dan Relevansi bagi Pendidikan Saat Ini)

  • Nike Nurjanah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Arivia Ardhilani UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Zulfikar Emir Haq UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Alyadita Nur Maghfiroh UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Konsep pendidikan Islam, Burhanuddin Az-Zarnuji, Relevansi

Abstract

Pendidikan adalah salah satu sarana untuk meningkatkan sebuah kualitas suatu bangsa, oleh sebab itu kemajuan beberapa negara bisa terjadi karena mereka menaruh perhatian besar terhadap dunia pendidikan. Pendidikan Islam adalah proses pembimbingan dan pengajaran peserta didik agar meningkatkan keimanan, intelektual, kepribadian dan keterampilan yang diajarkan melalui pengajaran oleh pendidik. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui konsep dan relevansi pendidikan Islam perspektif Burhanuddin Az-Zarnuji bagi pendidikan saat ini. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif didukung dengan library research, yakni mengumpulkan literatur dari buku dan jurnal berkaitan dengan masalah yang akan diselesaikan.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan Islam persepektif Burhanuddin Az-Zarnuji dapat dikelompokkkan menurut komponen pendidikan yakni tujuan pendidikan yang harus berfokus untuk mencari ridha dan kedekatan kepada Allah SWT. Guru sebagai pendidik hendaknya ia yang lebih alim, sholeh dan menjauhkan diri dari perbuatan dosa serta menguasai betul bidang ilmu tertentu karena kekuatan pembelajaran berpusat pada seorang pengajar. Murid sebagai penuntut ilmu haruslah memuliakan guru dan memiliki kepribadian yang baik. Metode pendidikan yang digunakan yakni dengan menghafal, mencatat, memahami, berdiskusi dengan materi-materi yang diajarkan lebih menekankan pada bidang keagamaan. Relevansinya dengan pendidikan saat ini adalah tujuan belajar berhubungan dengan niat, belajar akan dikatakan berhasil jika antara niat, keinginan dan tujuan peserta didik saling berkesinambungan sehingga pendidik perlu mengarahkan agar peserta didik mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Metode yang diberikan Az-Zarnuji pada intinya menekankan untuk peserta didik agar memperoleh pemahaman yang baik karena belajar haruslah dengan wawasan yang mendalam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Az-Zarnuji. Ta‟lim al-Muta‟allim Thoriq al-Ta‟allum. Semarang: Toha Putra, 1990.
H. M Arifin. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009.
Khayat, Nuriman. “Konsep Pendidikan Perspektif Az-Zarnuji”. Jurnal Tawadhu. Vol.3. No.2. 2019.
Mappasiara. “Pendidikan Islam (Pengertian, Ruang Lingkup dan Epistemologinya)”. Jurnal Inspiratif Pendidikan. Vol. 8. No. 1. Januari – Juni, 2018.
Nasihin, Khoirun. “Konsep Pendidikan Islam Dalam Kitab Ta’lim Muta’alim Karya Az-Zarnuji”. Tarbawi: Jurnal Studi Pendidikan Islami. Vol. 6. No. 2. 2018.
Rahman, Alfianoor. “Pendidikan Akhlak Menurut Az-Zarnuji dalam Kitab Ta’lim Muta’alim”. Jurnal At-Ta’dib. Vol. 11. No. 1. Juni, 2016.
Ulfa Masamah , M. Zamhari. “Relevansi Metode Pedidikan Karakter dalam Kitab Ta’lim Muta’allim Terhadap Pendidikan Modern”. Jurnal Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol. 11. No. 2. Agustus, 2016.
Published
2021-05-25
Section
Articles