Profil Academic Psychological Capital Peserta Didik MTs. Negeri 1 Probolinggo dan Relevansinya dengan Nilai-Nilai Akhlak Terpuji dalam Pendidikan Islam

  • Hanik Yuni Alfiyah Universitas Sunan Giri Surabaya
Keywords: Academic Psychological Capital, Pendidikan Islam

Abstract

Profil academic psychological capital peserta didik merupakan hal yang penting untuk dikaji, karena academic psychological capital merupakan salah satu aspek yang dapat mendukung keberhasilan pendidikan. Komponen academic psychological capital diantaranya self efficacy, hope, optimism dan resilience memiliki relevansi dengan nilai-nilai akhlak terpuji dalam pendidikan Islam, diantaranya yaqin, roja’, sabar, percaya diri, syukur, tawakkal,  dan husnudzan. Keempat nilai tersebut sangat penting untuk dimiliki peserta didik Madrasah Tsanawiyah sederajat yang sedang berada pada fase remaja pertengahan, yaitu fase yang sangat penting untuk mempersiapkan diri memasuki peran sebagai orang dewasa guna mempersiapkan remaja menjadi generasi yang berkualitas, berdaya saing dan tangguh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil academic psychological capital peserta didik MTs. Negeri 1 Probolinggo. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 152 peserta didik. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik sampling acak sederhana (Simple Random Sampling). Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang dikembangkan oleh Setyandari dan diadaptasi dari Academic Psychological Capital Questionnaire (A-PCQ) yang dikembangkan oleh Fred Luthans. Hasil penelitian menunjukkan bahwa academic psychological capital peserta didik MTs. Negeri 1 Probolinggo mendapatkan skor 73% dan berada dalam kategori cukup. Hasil tersebut berdasarkan skor yang diperoleh masing-masing komponen psychological capital, yaitu self efficacy dengan skor 70% berada dalam kategori cukup, hope mendapatkan skor 75% dengan kategori cukup, resilience mendapatkan skor 69% dengan kategori cukup, dan optimism mendapatkan skor 79% dengan kategori baik. Hasil penelitian dapat menjadi landasan dalam upaya peningkatan academic psychological capital peserta didik MTs. Negeri 1 Probolinggo melalui intervensi yang relevan dengan situasi dan kondisi peserta didik. Hal tersebut karena academic psychological capital merupakan instrument penting dalam Pendidikan Islam dan kesuksesan akademik peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfinuha., Setyani., Hadi, B.H., Sinambela, F.C. (2019). Pelatihan HERO untuk Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Remaja Panti Asuhan. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan 10 (1), 60-73. https://doi.org/10.26740/jptt.v10n1.p60-73.
Bandura, A. (1993). Perceived self-efficacy in cognitive development and functioning. Educational Psychologist, 28(2), 1: 17–148
Bakker, A.B., & Evangelia, D. (2008). Towards A Model of Work Engagement. Career Development International, Vol.13, No.3.
Bong, M. (2006). Asking the right question: How confident are you that you could successfully perform these tasks. In F. Pajares & T. Urdan (Eds.), Self-efficacy beliefs of adolescents (pp. 287– 305). Dan Schunk, D. H., & Zimmerman, B. J. (2007). Influencing children’s self-efficacy and self-regulation of reading and writing through modeling. Reading and Writing Quarterly, 23(1), 7–25. https://d oi.org/10.1080/10573560600837578
Brett C. Luthans, Kyle W. Luthans, dan James B. Avey, (2014). Building the Leaders of Tomorrow: The Development of Academic Psychological Capital, Journal of Leadership & Organizational Studies, Vol. 21 No. 2, 191 – 199. DOI: 10.1177/1548051813517 003.
Cahyani, D. E. (2013). Hubungan Antara Syukur Dengan Resiliensi Pada Siswa Tuna Rungu Di SMALB-B Pembina Tingkat Nasional Lawang. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Goertzen, B.J. (2015). Development of psychological capital in an academic-based leadership education program. Journal of Management Development, 34 (7). DOI: 10.1108/JMD-07-2013-0100.
Honicke, T., & Broadbent, J. (2016). The influence of academic self-efficacy on academic performance: A systematic review. Educational Research Review, 17, 63–84. https://doi.org/ 10.1016/j.edurev.2015.11.002
Ifdil, I., Apriani, R., Yendi, F. M., & Bolo Rangka, I. (2016). Level of Students` Self Efficacy Based on Gender. Counsedu: The International Journal of Counseling and Education, 1(1), 29–33. DOI: 10.23916/29-33.0016.11-i41b
Jafri, Hassan. (2017). Understanding Influence of Psychological Capital on Student’s Engagement and Academic Motivation”, Pacific Business Review International, Vol. 10 No.6, 16–23.
Marcia, J. E., Waterman, A. S., Matteson, D. R., Archer, S. L., & Orlofsky, J. L. (1993). Ego identity a handbook for psychosocial research. New York: Springer-Verlag New York Inc.
Nurinayanti, R. & Atiudina (2011). Makna Kebersyukuran dan Resiliensi: Telaah Pustaka tentang Pengaruh Kebersyukuran dan Pengaruhnya terhadap Daya Resiliensi pada Korban Erupsi Merapi DIY 2010. Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.
Lopez, S. J., & Snyder, C. R. (2003). Positive Psychological Assessment: A Handbook of Models and Measures (American Psychological Association, Washington, DC).
Luthans, F., Avolio, B. J., Avey, J. B., & Norman, S. M. (2007). Positive psychological capital: Measurement and relationship with performance and satisfaction. Personnel Psychology, 60(3), 541–572. https://doi.org/10.1111/j.1744-6570.2007.00083.x.
Luthans, F., Avey, J. B., & Patera, J. L. (2008). Experimental analysis of a web-based training intervention to develop positive psychological capital. Academy of Management Learning & Education, 7(2), 209-221. doi:10.5465/ AMLE.2008.32712618.
Luthans dan JB Avey, (2010), The Development And Resulting Performance Impact Of Positive Psychological Capital. Management Department Faculty Publications, 157
Luthans, F., Youssef-Morgan, C.M. (2017). Psychological Capital: An Evidence-Based Positive Approach, Annual Review of Organizational Psychology and Organizational Behavior, Vol. 4, 339-366. DOI.org/10.1146/annurev-orgpsych-032516-113324.
Martínez, I.M., Meneghel, I., Carmona-Halty, M., Youssef-Morgan, C.M. (2019). Adaptation and validation to Spanish of the Psychological Capital Questionnaire–12 (PCQ–12) in academic contexts. Current Psychology, 1-8. https://doi.org/10.1007/s12144-019-00276-z
Pangestu, C., Sujati, H., Herwin. (2020). Pengaruh self efficacy dan pengasuhan orang tua terhadap kepercayaan diri siswa. Foundasia, 11 (1), 35-42
Peterson, S., dkk. (2011). Psychological Capital and Employee Performance: A Latent Growth Modeling Approach. Personnel Psychology Journal.
Purwanto. (2001). Prinsip-prinsip dan Tehnik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Riolli., Laura., Savicki, V., Richards, J. (2012). Psychological Capital as a Buffer to Student Stress. Psychology, 3 (12), 1202–7. https://doi.org/10.4236/psych.2012.312A178
Rohmah. S. (2012), Relevansi Konsep Pendidikan Islam Ibnu Khaldun dengan Pendidikan Modern. Forum Tarbiyah Vol. 10, No. 2
Rohmah, U. (2012). Resiliensi dan Sabar sebagai Respon Pertahanan Psikologis dalam Menghadapi Post-Traumatic. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 6 (2), 312-330
Sarwar, F., Panatik, S.A. (2017), Psychological Capital, a Unique Resource to Develop Effective Managers; Relationship with Creativity, Achievement Motivation and Stress. Journal of Computational and Theoretical Nanoscience, Vol. 23 No. 9, 8598–8602. DOI.org/doi:10.1166/asl.2017.9936.
Setyandari, A., Wibowo, ME., Sunawan. (2019). Adaptation of Academic Psychological Capital Questionnaire in Bahasa Indonesia. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 443, 261-264
Snyder, dkk. (1991). The Will and The Ways: Development And Validation Of An Individual-Differences Measure Of Hope. Journal of Personality and Social Psychology, 60. 570-585
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Wahyuna, A.H., Fitriana, S. (2020). The Concept Of Hope In The Western And Eastern Perspective. IJIEP: International Journal of Islamic Educational Psychology, 1 (1), 25-36
Wen, M. L, & Lin, D. Y. (2014). Does psychological capital combat learning and adaptive stress of college freshmen. Journal of Studies in Education, 4(1), 2542. doi:10.5296/jse.v4i1.4684
Zulkosky K. (2009). Self-Efficacy: A Concept Analysis. Journal Compilation Nursing Forum. 44(2):93-102.
Published
2023-05-08
Section
Articles