PENGGUNAAN METODE EKLEKTIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi penggunaan metode eklektik dalam meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab siswa SMP Negeri 1 Asembagus. Metode eklektik merupakan pendekatan pengajaran yang menggabungkan berbagai strategi dan teknik pembelajaran dari berbagai metode yang ada. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan siswa SMP sebagai subjek penelitian dan menggunakan desain penelitian pre-test post-test dengan kelompok kontrol. Data dikumpulkan melalui tes awal, intervensi menggunakan metode eklektik, dan tes akhir untuk mengukur kemajuan keterampilan membaca bahasa Arab siswa. Selain itu, observasi dan kuesioner juga digunakan untuk memperoleh informasi tambahan mengenai respons siswa terhadap penggunaan metode eklektik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode eklektik secara signifikan meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab siswa SMP Negeri 1 Asembagus dibandingkan dengan kelompok kontrol. Siswa menunjukkan peningkatan pemahaman terhadap teks bahasa Arab, kosa kata, dan kemampuan membaca dengan cepat. Respons siswa terhadap metode eklektik secara umum positif, menunjukkan bahwa metode ini dapat diterapkan dengan baik dalam konteks pembelajaran bahasa Arab di tingkat SMP Negeri 1 Asembagus.
Downloads
References
Al-Qur’an dan terjemahan ,(Bandung:CV,Penerbit Diponegoro)
Chaidar , Al-Wasilah, A, 2000. Pengajaran Bahasa Komuniatif, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Djamarah, Bahri, Syaiful, 2012, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya: Usaha Nasional
Effendi,Ahmad Fuad, 2005. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat
Gunawan ,Heri, 2012 Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: ALFABETA
http://the –manual.com/game –dalam –pembelajaran –bahasa –arab –manual/
http=//www.penalaran-unm.org/index.php/artikel-nalar/penelitian/116-metode penelitian kualitatif.html
Izzan, Ahmad, 2009, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: Humatora
Moleong J. Lexy,1998. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosda Karya
Moleong J. Lexy, 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosda Karya
Muzib, Fathil Dkk, 2012, Permainan Edukatif pendukung Pembelajaran Bahasa Arab (2), Jogjakarta: Diva prees
Muhammad, 2011, Metode Penelitian Bahasa, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Munip, Abdul, 2005. Strategi dan Kiat Menerjemahkan Teks Bahasa Arab kedalam Bahasa Indonesia , Yogyakarta : Teras
Norman K. Denzin dan Yvonna S. Lincoln, 2009. Handbook Of Qualitative Research, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Nuha, Ulin, 2012, Metodologi Super Afektif Pembelajaran Bahasa arab, Jogjakarta: Diva Prees
Satori, Djam’an, 2009, Petodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta
Sugiono, 2012, Metode Penelitian Pendidikan,Bandung Pendekatan kuantitatif ,kualitatif, R&D: Alfabeta
Slamet AS, Yusuf, 1983, Metodik Khusus Pendidikan Agama, Surabaya : Usaha Nasional
Tarigan, Guntur, Hery, 1697, Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa
Ubaidillah, U. (2023). THE PAMUGIH TRADITION IN MADURESE MARRIAGE CULTURE AND ITS IMPLICATIONS FOR THE SAKINAH FAMILY. At-Turost: Journal of Islamic Studies, 13-32.
Ubaidillah, U. (2017). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing (Melempar Bola Salju) Dalam Peningkatanprestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 1(2), 86-94
Zulkifli ,2011,Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab,Pekan baru Riau: Zanafa Publishing,
Zaenuddin, Radliyah Dkk, 2005, Metodolegi dan Strategi Alternatif, Yogyakarta: Pustaka Rihlah Group
Copyright (c) 2022 Achmad Muhajir SAM, Ifan Ali Alfatani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.