Efektifitas Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Metode Mubasyaroh

  • Layli Musyfiroh
  • Faruuq Trifauzi
Keywords: Efektivitas pembelajaran, Metode mubasyaroh, Pendekatan interaktif kontekstual

Abstract

Peningkatan efektivitas pembelajaran bahasa Arab merupakan suatu tantangan yang terus diupayakan dalam konteks pendidikan saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menggali potensi metode Mubasyaroh dalam meningkatkan kemampuan berbicara, mendengarkan, memahami, membaca, dan menulis dalam pembelajaran bahasa Arab. Metode Mubasyaroh dikenal sebagai pendekatan interaktif kontekstual yang melibatkan interaksi langsung antara guru dan siswa, mempromosikan partisipasi aktif, serta memperkuat aspek komunikatif dalam pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan metode pembelajaran bahasa Arab yang lebih efektif, terutama dalam konteks pengembangan keterampilan berbahasa yang holistik. Implikasi praktis dari temuan ini dapat menjadi dasar bagi para pendidik untuk mengintegrasikan metode Mubasyaroh dalam kurikulum pembelajaran bahasa Arab, memperkaya pengalaman belajar siswa, dan meningkatkan efisiensi pencapaian kompetensi bahasa Arab yang komprehensif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif, Muh, ‘Metode Langsung ( Direct Method ) dalam Pembelajaran Bahasa Arab A . Pendahuluan Belajar Dan Memahami Bahasa Asing Menjadi Kebutuhan Saat Ini , Baik Karena Tuntutan Karier Maupun Karena Kebutuhan Dalam Dunia Akademik , Termasuk Mempelajari Bahasa Arab Yan’, 4 (2019), 44–56
Fakhrurrozi, Aziz, and Erta Mahyudin, Permasalahan Pembelajaran Bahasa Arab, 2012
Hapid, Nurul, ‘Penerapan Metode Langsung (Thoriqoh Mubasyarah) Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab’, Jurnal Hasil Penelitian Dan Pengembangan (JHPP), 1.4 (2023), 265–70
Makmun, Muhammad, Bahasa Arab, Religia, 2019
Oensyar, Kamil, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Telaah Problematika Pembelajaran Bahasa Arab, 2015
Purnomo, Ade, Mohammad Fawaid, and Syarof Nursyah Ismail, ‘Upaya Guru Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Arab Dengan Metode Mubasyaroh Kelas V di MI Al Kalam Denpasartahun Pelajaran 2019/2020’, Jurnal Faidatuna, 1.3 (2020), 1–13
Sam, Zulfiah, ‘Z. Sam’, Metode Pembelajaran Bahasa Arab, Vol. 2.No 1 (2016), Hlm. 5
Sya’bani, Muhammad Zaky, ‘Efektivitas Metode Langsung Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab’, An Naba, 4.1 (2021), 38–45
Syah, Saprudin Padlil, ‘Hambatan Pembelajaran Bahasa Arab Pada Jenjang SMA Di Jawa Barat’, Indonesian Journal of Applied Linguistics Review, 4.1 (2023), 29–42
Published
2024-04-30
Section
Articles