PENINGKATAN KETERAMPILAN DIGITAL SANTRI DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN HADIS
Abstract
Prestasi belajar santri dapat ditingkatkan dengan berbagai macam cara termasuk diantaranya keterampilan digital yang dianggap efektif. Peneliti tertarik untuk mengetahui hasil dari pembelajaran digital pada mata pelajaran Hadis di MTs Pesantren Al-Amin. Artikel ini membahas tentang keterampilan digital santri dalam meningkatkan Efektivitas pembelajaran Hadis dan Efektivitas pembelajaran Hadis di MTs Pesantren Al-Amin Mojokerto. Penelitian ini menggunakan jenis metodologi kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan menggunakan teori Miles dan Huberman. Hal ini untuk memahami perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dari guru mata pelajaran Hadis dalam meningkatkan keterampilan digital. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat nilai Efektivitas yang cukup baik dalam penggunaan digital dalam pembelajaran Hadis melalui platform youtube. Sementara pada proses pembelajaran menggunakan kitab Arba’in Nawawi secara tatap muka terkategori efektif. Faktor pendukung penggunaan digital dalam pembelajaran Hadis terletak pada semangat dan kesabaran dari guru dalam mengajarkan Hadis dengan upaya inovasi mengajarkan menggunakan digital. Faktor pendukung selanjutnya setiap santri membawa laptop untuk senantiasa dapat mempelajari keterampilan digital. Faktor Penghambat terletak pada santri yang masih tidak taat pada perintah guru mata pelajaran Hadis sehingga masih menggunakan laptop secara tidak bijak.
Downloads
References
Adawiyah, R. Peran Literasi Digital Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadis. Penerbit NEM, 2022. https://books.google.co.id/books?id=-QyIEAAAQBAJ.
Ardiansyah, M Ardiansyah M. “Inovasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Efektif.” In Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), Vol. 5, 2021.
Aziz, Azhar. “Kebutuhan Akan Pendidikan Karakter.” Bunga Rampai Ekonomi Dan Pembiayaan Pendidikan 107 (2020).
Bahri, Syamsul. “Peningkatan Kapasitas Guru Di Era Digital Melalui Model Pembelajaran Inovatif Variatif.” Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian 2, no. 4 (2021): 93–102.
Batubara, Hamdan Husein. “Media Pembelajaran Efektif.” Semarang: Fatawa Publishing 3 (2020).
Diana, Eka, and Moh Rofiki. “Analisis Metode Pembelajaran Efektif Di Era New Normal.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP) 3, no. 2 (2020): 336–42.
DR. H. Masduki Duryat, M P I, M P Tajudin Arifin, and M P Rustiana Angela. MANAJEMEN PROGRAM LITERASI DIGITAL DI SEKOLAH/MADRASAH : Mendongkrak Mutu Lulusan Dalam Berselancar Di Era Global. Penerbit K-Media, n.d. https://books.google.co.id/books?id=vdnsEAAAQBAJ.
Fikriyanto, Ahmad. “Evaluasi Efektivitas Pembelajaran Al-Qur’an Dan Al-Hadis Berbasis Metode Azza.” Pascasarjana, 2022.
Hidayati, Beti Malia Rahma, and Annisa Miftahurrohmah. “Strategi Pengembangan Literasi Digital Santri Melalui Pers Mahrusy Di Pondok Pesantren Lirboyo.” Jurnal Kopis: Kajian Penelitian Dan Pemikiran Komunikasi Penyiaran Islam 5, no. 2 (2023): 146–60.
Moleong, L J, and T Surjaman. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remadja Karya, 1989. https://books.google.co.id/books?id=YXsknQEACAAJ.
Narsa, I M, N Wulan, and N Rosita. PANDUAN METODE PEMBELAJARAN KOLABORATIF DAN PARTISIPATIF. Airlangga University Press, 2022. https://books.google.co.id/books?id=vd-lEAAAQBAJ.
PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH / MADRASAH: Studi Teoritik Dan Praktik Di Sekolah / Madrasah. PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH / MADRASAH. Zahira Media Publisher, 2022. https://books.google.co.id/books?id=Jvt7EAAAQBAJ.
RimahDani, Dita Elha, Shaleh Shaleh, and Nurlaeli Nurlaeli. “Variasi Metode Dan Media Pembelajaran Dalam Kegiatan Belajar Mengajar.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7, no. 1 (2023): 372–79.
Rusli, Nur Farahkhanna Mohd, Nur Fatin Shamimi Che Ibrahim, Mohd Raâ, and Kesavan Nallaluthan. “Persepsi Pelajar Terhadap Aplikasi Multimedia Interaktif Dalam Proses Pengajaran Dan Pembelajaran Abad Ke-21: Students’ Perceptions of Interactive Multimedia Applications in the 21st Century Teaching and Learning Process.” Online Journal for Tvet Practitioners 6, no. 1 (2021): 15–24.
Sa, Sharon Low Yee, and Shahlan Surat. “Faktor Dan Kesan Keterlibatan Pelajar Terhadap Pencapaian Akademik [Factors And Implication Of Student Engagement On Achievement].” International Journal of Advanced Research in Islamic Studies and Education 1, no. 3 (2021): 81–91.
Setiadi, Nanang Febri. “UPAYA PONDOK PESANTREN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN DIGITAL SANTRI MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN WEBSITE DI PONDOK PESANTREN SINTESA KAWEDANAN MAGETAN.” IAIN Ponorogo, 2022.
Zabidi, Mohammad Naufal. “Keefektifan Upaya Meningkatkan Literasi Digital Pada Pesantren Rakyat Di Al-Amin Sumber Pucung Malang.” Jurnal Pendidikan Indonesia 2, no. 1 (2021): 48–58.
Copyright (c) 2024 Hendra Nainggolan, Roifatul Hosna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.