PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH

  • Atik Silvia IAIN Madura
  • Nurul Zainab IAIN Madura
  • Khoirul Holis IAIN Madura
Keywords: Bahan Ajar Digital, Video Pembelajaran Interaktif, Semangat Belajar, Mata Pelajaran Fikih

Abstract

Tujuan penelitian ini menghasilkan bahan ajar digital berbasis video pembelajaran interaktif mata pelajaran fikih. Bahan ajar dikembangkan agar siswa semangat dalam belajar sehingga termotivasi dan mudah memahami materi yang disampaikan. Siswa diharapkan memiliki antusias dan berperan aktif saat proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Alessi dan Trollip yang memiliki tiga tahapan, yaitu perencanaan, desain, dan pengembangan. Bahan ajar digital yang dihasilkan berupa video pembelajaran interaktif pada materi shalat sunah muakad dan shalat sunah ghoiru muakad. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII MTs Al-Ula I dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas VII D. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah validasi yang dilakukan oleh dua validator yaitu ahli materi dan ahli bahan ajar. Selain itu, juga menggunakan angket untuk uji coba produk terhadap siswa. Sedangkan analisis datanya ialah analisis deskriptif kualitatif mengolah data hasil review ahli materi dan ahli bahan ajar dan analisis statistik deskriptif dengan mengolah data yang diperoleh melalui angket dalam bentuk deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran serta dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alamsyah, R., Toenlioe, A. J. E., & Husna, A. (2018). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARANKEPENYIARAN MATERI PRODUKSI PROGRAM TELEVISIUNTUK MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 229–236.
Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636
Arianti. (2018). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–132. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181
Asmawi, Syafei, & Yamin, M. (2019). Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 50–55.
Biassari, I., & Kharisma Eka Putri. (2021). Penggunaan Media Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Nearpod Pada Materi Kecepatan Di Sekolah Dasar. Porsiding SEMDIKJAR, 4, 62–74.
Cahyani, A. D., Andriana, E., & Syachruroji, A. (2023). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS LIVE WORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V Pendahuluan Pembelajaran yang menyenang- peserta didik Dalam lebih proses pembelajaran di dalam kelas peserta pembelajaran dirasa. Jurnal Pendidika Dasar Perkhasa, 9(1), 16–25. https://doi.org/https://doi.org/10.31932/jpdp.v9i1.2018
Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunaka SPSS: Uji Validitas, Uji Realibilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji f, R2. Guepedia.
Darmayanti, N. W. ., & Sueca, I. N. (2020). Pendampingan Bimbingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa Sd Dusun Buruan Tampaksiring Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(2), 207–210. https://doi.org/10.31764/jpmb.v3i2.2206
Fahira, V., Satria, R., & Priadi, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kejujuran. An-Nuha, 1(4), 448–460. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i4.105
Falah, A. (n.d.). Materi dan Pembelajaran Fiqih Kelas MTs-MA. Buku Daros.
Farhana, F., Suryadi, A., & Wicaksono, D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Smk Atlantis Plus Depok. Instruksional, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.24853/instruksional.3.1.1-17
Firmansah, D., Nuriah, I., & Firdaus, D. F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Berbasis Aplikasi Sparkol Videoscribe pada Tema 3 Kelas III. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 145–158. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v7i2.7386
Fitria, Y., & Indra, W. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran PBL Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan dan Literasi Sains. Deepublish.
Khairunnisa, Akbar, M. R., & Usanto. (2023). Multimedia (Teori dan Aplikasi dalam Dunia Pendidikan). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Lestari, E. T. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Deepublish.
Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187.
Nurhayati, N. (2018). Memahami Konsep Syariah, Fikih, Hukum Dan Ushul Fikih. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 2(2), 124–134. https://doi.org/10.26618/j-hes.v2i2.1620
Pratama, F., Firman, & Neviyarni. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar IPA Siswa Terhadap Hasil Belajar. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.63
Sarnoto, A. Z., & Romli, S. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 3 Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 55–75. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i1.48
Suttrisno. (2021). Analisis Dampak Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 1(1), 1–10. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.190
Suyanto. (2005). Multimedia: Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. CV Andi Offset.
Wulandari, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Siswa Belajar Matematika Di SMP 1 Bukit Sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 43–48. https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i2.4891
Yasa, I. K. D. C. A., Agung, A. A. G., & Simamora, A. H. (2021). Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Melalui Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 8(1), 104–112. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32523
Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, M. (n.d.). Metodologi Penelitian. Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah.
Published
2024-10-26
Section
Articles