PENGARUH METODE KOOPERATIF TEKNIK THINK PAIR SHARE TERHADA HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 03 PURWOHARJO
Abstract
Teknik think pair share ( TPS ) membantu membangun keterampilan berpikir kritis, berkomunikasi efektif, serta berkolaborasi di antara siswa dengan mendorong siswa untuk berpatisipasi aktif dalam diskusi dan berbagi pemikiran, metode ini menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pertukaran ide – ide dan pemahaman yang mendalam di antara para siswa. Metode kooperatif ini yang sedang digunakan di SMPN 03 Purwpharjo. Tujuan dari pada penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode kooperatif teknik think pair share terhadap hasil belajar siswa. Pendekatan kuantitatif yang berjenis kausal komparatif dengan mengumpulkan data dengan membagikan kuisioner pada siswa sebanyak 38. Penelitian ini melewati 4 uji dari uji validitas, reabilitas, linieritas dan normalitas yang mana keempat uji ini diukur dengan aplikasi spss 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode kooperatif teknik think pair berpengaruh pada hasil belajar siswa sebesar 0.433 atau 43,3%. Disimpulkan bahwasanya hasil dari penelitian ini pada pengaruh metode kooperatif teknik think pair terhadap hasil belajar siswa sebesar 43,3% yang berada dalam tingkatakn cukup berpengaruh.
Downloads
References
Abdullah,R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35.
Abdussamad, Z.(2018). Kerangka Penelitian Kuantitatif.
Alfahmi, A. M., & Gunansyah, G. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 1–11.
Anik Yuesti &, A.(2019) .(2013). Metode Penelitian Bisnis Kuantitatif Dan Kualitatif Edisi Ke -1 (Vol. 1).
Azzahra, L., Irawan, D., Raden Palembang, U., & Selatan, S. (2023). Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI) Open Access Under Pentingnya Mengenalkan Alqur’an Sejak Dini Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 1(1), 13–20.
Budiaji, W., Fakultas, D., Universitas, P.,Tirtayasa, A., Raya, J., Km, J., & Serang Banten,P.(2013). Skala Pengukuran Dan Jumlah Respon Skala Likert (The Measurement Scale and The Number of Responses in Likert Scale). Jurnal Ilmu PertanianDan Perikanan Desember, 2(2), 127–133.
Daniel, B. K., & Harland, T. (2017). Higher Education Research Methodology. Higher Education Research Methodology.
Dian, N., Gabriela, P., Pgsd, P. S., Kristen, U., & Wacana, S. (2021). Jenis Jenis Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Menggunakan Audio Visual. 2(1), 104–113.
Djollong, A. F. (2014). Teknik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif (Technique of Quantiative Research). Istiqra’, 2(1), 86–100.
Eviliyanida. (2011). Model Pembelajaran Kooperatif. Visipena Journal, 2(1), 21–27. https://doi.org/10.46244/visipena.v2i1.36
Fauhah, H., & Rosy, B. (2020). Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321–334. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p321-334
Firdaus, M. (2010). Intrumen Penelitian. Metodelogi Penelitian, 15–20.
Ghony, D., & Almanshur, (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif. In UIN-Malang Press (pp. 1–138).
Gunawan, I., & Hasanah, H. (2019). Kuantitatif Imam Gunawan. At-Taqaddum, 8(1), 29.
Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633
Hengki Wijaya,dkk. (2021). Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Pendidikan Karakter (Issue December).
Ibrahim, F., Hendrawan, B., & Sunanih, S. (2023). Pengertian Hasil Belajar. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 1(2), 102–108.
Idayani, N. P. (2021). Pembelajaran Kooperatif Model TPS ( Think Pair Share ) Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 5(3), 416–422.
Iverson, B. L., & Dervan, P. B. (n.d.). Metodologi Penelitian.
Latifah, L., & Aviya, N. (2018). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Bahasa Arab di MI. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(1), 83.
Leonardo, R. I. (2013). Meningkatkan Kerja Sama Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Teknik, Matematika & IPA Universitas Indraprasta PGRI, 3(1), 5.
Lestari, S. K., & Ningrum, N. (2016). Pengaruh Penggunaan Cooperative Learning Tipe Think-Pair-Share (Tps)Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas X Semester Genap Smk Kartikatama 1 Metro T.P 2015/2016. Promosi (Jurnal PendidikanEkonomi), 4(1), 21–34.
Mahmudi, A., Sulianto, J., & Listyarini, I. (2020). Hubungan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 122. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24435
Mardila, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII MTs Pancasila Kota Bengkulu. 1–116.
Maritha, R. F., Pratama, F., Utomo, T. C., Amrullah, H. M., Hadibasyir, H. Z., & Wicaksana, A. A. (2021). Analisis Persepsi Konsumen Dan Harapan Terhadap Produk Inovasi Boba Bonggol Pisang. Jurnal Inovasi Dan Kreativitas (JIKa), 1(2), 64–76. https://doi.org/10.30656/jika.v1i2.3820
Matondang, A. (2018). Pengaruh Antara Minat Dan Motivasi Dengan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 24–32. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Bahastra/article/view/1215
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12 (3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 659.
Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto. 1(1), 24–44.
Nurul Audie. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.
Rapi, N. K. (2016). metode kooperatif. 69–79.
Sadipun, B. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas V Sdi Ende 14. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 11–16.
Samsu, S., Pengakuan, A. D., Saharia, Ol Jurusan, E., Universitas, A., & Manado, S. R. (2013). Tujuan Teknik Think Pair Share. Jurnal EMBA, 5671(3), 567–575.
Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361.
Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97. https://doi.org/10.48094/Raudhah.v1i1.10
Sumarsya, Cici Veronika dan Ahmad, S. (2020). Think Pair Share Sebagai Model Untuk Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1374–1387.
Supiana.(2017). Metodologi Studi. May, 417.
Supratiknya, A. (2012). Penilaian Hasil Belajar Dengan Teknik Nontes. In Universitas Sanata Dharma (Vol. 28, Issue 12).
Yuwanita, I., Dewi, H. I., & Wicaksono, D. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa. Instruksional, 1(2), 152.
Zamrodah, Y. (2016). Pelaksanaan Pendidikan Akhla Di SMP Islam Terpadu Daarut Tahfidz Karangasem Sayung Demak. 15 (2), 1–23.
Zikra, . (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6.
Zubaidi1, Asyhar2, R., & Syamsurizal2. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe. Tekno-Pedagogi, 3(1), 42–49. Type Of Investigation Group, Creativity, Learning Outcome.
Copyright (c) 2025 Niken Seviana Marini, Bahar Agus Setiawan, Badruttamami Badruttamami

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.