MODEL PENDEKATAN DEMOKRATIS DALAM PENGELOLAAN KELAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SDN PLAWAD 4 KARAWANG TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.70281/tabyin.v1i01.930Kata Kunci:
Model Pengelolaan Kelas, Pendidikan Agama Islam, SDN Plawad 4 Karawang Timur, Lingkungan Pembelajaran, Sikap SosialAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pengelolaan kelas yang efektif dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Plawad 4 Karawang Timur. Model ini diharapkan dapat membantu guru dalam mengelola kelas, meningkatkan kualitas pembelajaran, serta memfasilitasi perkembangan spiritual dan moral siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan melibatkan guru PAI di SDN Plawad 4 Karawang Timur. Data dikumpulkan melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pengelolaan kelas yang dikembangkan berhasil meningkatkan partisipasi aktif siswa, menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif, dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi PAI. Selain itu, model ini juga mendorong pengembangan sikap saling menghormati, kerjasama, dan kepedulian sosial di antara siswa. Dengan demikian, model pengelolaan kelas ini dapat dijadikan referensi bagi guru PAI di sekolah-sekolah lain dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI.
