KEPEMIMPINAN KH. SALAHUDDIN WAHID DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN DI PESANTREN TEBUIRENG

  • Rafiqatul Anisah Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Imam Sukardi Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
Keywords: Kepemimpinan; KH. Shalahuddin Wahid, pengembangan pendidikan

Abstract

Pendidikan sangat penting untuk membentuk jati diri ke arah yang positif. Transformasi dari masa ke masa dinilai sangat diperlukan guna beradaptasi dengan perkembangan zaman. Pendidikan pesantren merupakan salah satu media yang tidak hanya untuk memahami ilmu agama tetapi juga menguasai ilmu umum secara seimbang. Khususnya di Pondok Pesantren Tebuireng yang mengalami perkembangan pesat pada masa kepemimpinan KH. Salahuddin Wahid. Peneliti tertarik untuk mengetahui tentang bagaimana model kepemimpinan KH. Salahuddin Wahid dalam mengembangkan pendidikan di Pondok Pesantren Tebuireng. Ada dua fokus permasalahan dalam penelitian ini, yaitu: 1. Bagaimana KH. Salahuddin Wahid dalam mengembangkan pendidikan di Pondok Pesantren Tebuireng, 2. Bagaimana pelaksanaan KH. Salahuddin Wahid dalam mengembangkan pendidikan di Pondok Pesantren Tebuireng. Dalam penelitian skripsi ini penulis menggunakan pendekatan sejarah dalam hal ini penulis mencoba mengungkap bagaimana KH. Salahuddin Wahid, termasuk pendidikannya, serta pengalaman dan perannya baik di bidang pendidikan, sosial, dan politik. Kemudian untuk melengkapi analisisnya, penulis juga menggunakan pendekatan sosiologi sebagai alat bantunya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model kepemimpinan KH. Salahuddin Wahid termasuk dalam pola kepemimpinan yang kharismatik, demokratis, transformatif, dan rendah hati.

Downloads

Download data is not yet available.

References

AFRONIYATI, Lies. “Perubahan Birokrasi Pondok Pesantren Tebuireng Tahun 2006.” Universitas Gadjah Mada, 2008.
Alamsyah, Mohammad Dicky. “Gaya Kepemimpinan Dan Kharismatik KH. Salahuddin Wahid Dalam Memajukan Pondok Pesantren Tebuireng Tahun 2006-2020.” UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2023.
Anita, Anita, Mustaqim Hasan, Andi Warisno, M Afif Anshori, and An An Andari. “Pesantren, Kepemimpinan Kiai, Dan Ajaran Tarekat Sebagai Potret Dinamika Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia.” Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme 4, no. 3 (2022): 509–24.
Arifin, S. Kepemimpinan Humility K.H Salahuddin Wahid Gus Solah. Guepedia, n.d. https://books.google.co.id/books?id=XPxLEAAAQBAJ.
Hafid, Abd, Abdul Jalil, and Muhammad Fahmi Hidayatullah. “Kontruksi Pemikiran KH. Salahuddin Wahid Tentang Pendidikan Pesantren.” Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan 8, no. 1 (2023): 1–16.
Insiyah, Bashirotul. “Modernisasi Pondok Pesantren Tebuireng Jombang Pada Masa Kepemimpinan KH. Sholahuddin Wahid.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2017.
Kartono, K. Pemimpin Dan Kepemimpinan: Apakah Pemimpin Abnormal Itu ? RajaGrafindo Persada, 1998. https://books.google.co.id/books?id=tXC3swEACAAJ.
Ma’arif, Syamsul, Achmad Dardiri, and Djoko Suryo. “Inklusivitas Pesantren Tebuireng: Menatap Globalisasi Dengan Wajah Tradisionalisme.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi 3, no. 1 (2015): 81–94.
Makhrus, Ali. “TRENSAINS SENIOR HIGH SCHOOL TEBUIRENG JOMBANG: MAINSTREAMING SCIENCE IN NU PESANTREN (A CRITICAL DISCOURSE ANALYSIS).” PROSIDING MUKTAMAR PEMIKIRAN DOSEN PMII 1, no. 1 (2021): 833–44.
Mattayang, Besse. “Tipe Dan Gaya Kepemimpinan: Suatu Tinjauan Teoritis.” JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting) 2, no. 2 (2019): 45–52.
Prof. Dr. H. Veithzal Rivai, M B A, and I H A Arifin. Islamic Leadership: Membangun SuperLeadership Melalui Kecerdasan Spiritual. Bumi Aksara, 2023. https://books.google.co.id/books?id=VUOoEAAAQBAJ.
Rosyidin, Muhammad, and Imron Arifin. “Integration of Islamic and Indonesian Education in the Perspective of KH. Salahuddin Wahid.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 18, no. 2 (2021): 227–56.
Saefrudin, Saefrudin. “NILAI PENDIDIKAN ISLAM PRESPEKTIF KH. SALAHUDIN WAHID.” Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam 3, no. 1 (2020): 30–55.
Sulaiman, Ahmad. “MENDIDIK ALA NABI MUHAMMAD SAW.” Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 2017.
Tebuieng, T R M. Kepemimpinan Kiai: Apakah Kiai Representasi Pemimpin Ideal Menurut Agama Islam?: Majalah Tebuireng Edisi 58. Majalah Tebuireng , 2018. https://books.google.co.id/books?id=urYKEAAAQBAJ.
Tebuireng, T R M. Gus Sholah Telaga Kebermanfaatan Dan Kebaikan (Edisi Khusus): Majalah Tebuireng Edisi 67. Majalah Tebuireng , 2020. https://books.google.co.id/books?id=vsEXEAAAQBAJ.
Tebuireng, Tim Penerbitan Pesantren. Gus Sholah: Dalam Cerita Dan Ingatan Santri Milenial. Pustaka Tebuireng, 2020. https://books.google.co.id/books?id=WzOhzgEACAAJ.
Tyas, Nashria Rahayuning. “Model Kepemimpinan Pendidikan Nabi Muhammad SAW.” IAIN PONOROGO, 2019.
Wahid, S, and Pustaka Tebuireng. Gus Sholah, Kembali Ke Pesantren: Kiai Tekhnokrat Menjawab Keraguan. Pustaka Tebuireng, 2020. https://books.google.co.id/books?id=GiQ0zgEACAAJ.
Wahid, Salahuddin. Transformasi Pesantren Tebuireng: Menjaga Tradisi Di Tengah Tantangan. UIN-Maliki Press, 2011.
Yasin, A M, F Karyadi, and Pondok Pesantren Tebuireng. Pustaka Tebuireng. Profil Pesantren Tebuireng. Pustaka Tebuireng, Pondok Pesantren Tebuireng, 2011. https://books.google.co.id/books?id=RKkpMwEACAAJ.
Zahrah, F. KH. A. Wahid Hasyim Dalam Pandangan Dua Puteranya: Dialog Antara Gus Dur Dan Gus Sholah Mengenai Pandangan Politik Keislaman Sang Ayah. Pustaka Tebuireng, 2015. https://books.google.co.id/books?id=lsc4swEACAAJ.
Published
2024-10-26
Section
Articles