Profil Academic Psychological Capital Peserta Didik MTs. Negeri 1 Probolinggo dan Relevansinya dengan Nilai-Nilai Akhlak Terpuji dalam Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.52166/tasyri.v30i1.213Keywords:
Academic Psychological Capital, Pendidikan IslamAbstract
Profil academic psychological capital peserta didik merupakan hal yang penting untuk dikaji, karena academic psychological capital merupakan salah satu aspek yang dapat mendukung keberhasilan pendidikan. Komponen academic psychological capital diantaranya self efficacy, hope, optimism dan resilience memiliki relevansi dengan nilai-nilai akhlak terpuji dalam pendidikan Islam, diantaranya yaqin, roja’, sabar, percaya diri, syukur, tawakkal, dan husnudzan. Keempat nilai tersebut sangat penting untuk dimiliki peserta didik Madrasah Tsanawiyah sederajat yang sedang berada pada fase remaja pertengahan, yaitu fase yang sangat penting untuk mempersiapkan diri memasuki peran sebagai orang dewasa guna mempersiapkan remaja menjadi generasi yang berkualitas, berdaya saing dan tangguh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil academic psychological capital peserta didik MTs. Negeri 1 Probolinggo. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 152 peserta didik. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik sampling acak sederhana (Simple Random Sampling). Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang dikembangkan oleh Setyandari dan diadaptasi dari Academic Psychological Capital Questionnaire (A-PCQ) yang dikembangkan oleh Fred Luthans. Hasil penelitian menunjukkan bahwa academic psychological capital peserta didik MTs. Negeri 1 Probolinggo mendapatkan skor 73% dan berada dalam kategori cukup. Hasil tersebut berdasarkan skor yang diperoleh masing-masing komponen psychological capital, yaitu self efficacy dengan skor 70% berada dalam kategori cukup, hope mendapatkan skor 75% dengan kategori cukup, resilience mendapatkan skor 69% dengan kategori cukup, dan optimism mendapatkan skor 79% dengan kategori baik. Hasil penelitian dapat menjadi landasan dalam upaya peningkatan academic psychological capital peserta didik MTs. Negeri 1 Probolinggo melalui intervensi yang relevan dengan situasi dan kondisi peserta didik. Hal tersebut karena academic psychological capital merupakan instrument penting dalam Pendidikan Islam dan kesuksesan akademik peserta didik.



