Pengelolaan Bahan Pustaka Perpustakaan

  • Reyhandika Kusnul Kasidi STAI An-najah Indonesia Mandiri Sidoarjo
  • Triana Rosalina Noor STAI An-najah Indonesia Mandiri Sidoarjo
Keywords: Pengelolaan, Bahan Pustaka, Perpustakaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan terkait pengelolaan bahan pustaka perpustakaan dan strategi pengembangan dalam pengelolaaan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al Muttaqin Surabaya.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pemilihan subjek penelitian menggunakan purposive sampling sebanyak tiga orang yakni Kepala madrasah, kepala perpustakaan dan siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, yang selanjutnya dianalisis melalui tahapan kondensasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan bahan pustaka di MTs Al Muttaqin Surabaya tergolong cukup baik karena telah melakukan kegiatan yang meliputi sudah melakukan kegiatan inventarisasi, klasifikasi, katalogisasi, pembuatan kelengkapan buku, dan penyusunan buku. Namun hambatan dalam pengelolaan tetap ada diantaranya terbatasnya sumber daya manusai dan sarana prasana, sehingga strategi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam pengelolaan bahan pustaka di perpustakaan MTs Al Muttaqin Surabaya dilakukan melalui peningkatan dan penguatan pemahaman konsep perpustakaan kepada pustakawan melalui memberikan buku-buku panduan perpustakaan dari pemerintahan kota dan memberikan kesempatan kepada pustakawan untuk melakukan peningkatan kemampuan akadmeik baik melalui jalur formal ataupun non formal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Saenal. ‘Meningkatkan Kemampuan Diri Pustakawan Berbasis Soft Skill Di Era Revolusi Industri 4.0’. Jurnal El-Pustaka 1, no. 1 (2020): 41–60.
Adzhana, Hana Ariefa, Evi Nursanti Rukmana, and Asep Saeful Rohman. ‘Pengolahan Bahan Pustaka Pada Perpustakaan Irreplaceable Books’. ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan dan Kearsipan 2, no. 1 (2022): 13–22.
Andi, Ibrahim. Pengantar Ilmu Perpustakaan Dan Kearsipan. Makasar: Guna Darma Ilmu, 2011.
Ardyawin, Iwin. ‘Urgensi Pengembangan Koleksi Sebagai Upaya Menyediakan Koleksi Yang Berkualitas Di Perpustakaan’. Jurnal Adabiya 20, no. 1 (2020): 86–108.
Awalludin, Amar, and Sri Ati. ‘Analisis Pengelolaan Perpustakaan Desa Ujungnegoro Kabupaten Batang’. Jurnal Ilmu Perpustakaan 6, no. 3 (2019): 621–630.
Bafadal, Ibrahim. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2011.
Cresswell, John W. Penelitian Kualitatif Dan Desain Riset : Memilih Diantara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
Fatmalasari, Baiq Eliza, and Iwin Ardyawin. ‘Laporan PKL Pengolahan Koleksi Di UPT Perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram’. Journal Of Progressive Innovation Library Service 1, no. 1 (2021): 1–8.
Fatmawati, Endang Fatmawati Endang. ‘Preservasi, Konservasi, Dan Restorasi Bahan Perpustakaan’. Libria 10, no. 1 (2018): 13–32.
Ganggi, Roro Isya Permata, and Elisheba Nindrapramesti. ‘Persepsi Pemustaka Terhadap Penggunaan Skema Klasifikasi DDC (Dewey Decimal Classification) Di Perpustakaan Kota Semarang’. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi 5, no. 4 (2021): 591–602.
Hartono, Hartono. Manajemen Perpustakaan Sekolah Menuju Perpustakaan Modern Dan Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.
Karima, Oktavia Nida. ‘Pengelolaan Perpustakaan Sebagai Alternatif Penguatan Budaya Literasi Di Sd Muhammadiyah Sudagaran Wonosobo’. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) 6, no. 1 (2021): 85–96.
Kusumaningrum, Desi Eri, Imam Gunawan, Raden Bambang Sumarsono, and Teguh Triwiyanto. ‘Pendampingan Pengelolaan Perpustakaan Untuk Mendukung Gerakan Literasi Sekolah’. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat 2, no. 3 (2019): 164–169.
Lubis, Lubis, Widyastuti Furbani, and Wisnu Dwicahyadi. ‘Sistem Pengolahan Bahan Pustaka Di Perpustakaan Smpn 6 Mataram’. Jurnal Ilmu Perpustakaan (Jiper) 1, no. 1 (2019): 29–32.
Miles, Matthew B, A Michael Huberman, and Johnny Saldana. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook Third Edition. USA: Sage Publications, 2014.
Munawir, Abdul, Iskandar Iskandar, and Iwin Ardyawin. ‘Optimalisasi Pelayanan Di UPT Perpustakaan Universitas MUhammadiyah Mataram’. JOournal Of Progressive Innovation Library Service 1, no. 1 (2021): 30–43.
Munir, Misbachul, M Ripin Ikwandi, and Triana Rosalina Noor. ‘Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19’. Jurnal Elkatarie: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial 4, no. 2 (2021): 697–710.
Noor, Triana Rosalina. ‘Bibliotherapy Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Interpersonal Remaja’. Jurnal Studia Insania 8, no. 2 (2020): 164–182.
———. ‘Strategi Solutif Kepala Sekolah Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19 Di SDN Sumput Sidoarjo’. Al-fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan 9, no. 1 (2021): 20–31.
Noor, Triana Rosalina, and Mazaya Razan Alsya Nur Shabrina. ‘Strategi Pengembangan Sekolah Unggulan (Studi Kasus Di Sekolah Menengah Kejuruan Migas, Cepu)’. Kariman: Jurnal Pendidikan dan Keislaman 10, no. 2 (2022): 223–240.
NS, Sutarno. Manajemen Perpustakaan : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Sagung Seto, 2006.
Putra, Oktavianus Edo Borneo, and Antonius Totok Priyadi. ‘Evaluasi Ketersediaan Koleksi Bahan Pustaka Di Perpustakaan Politeknik Negeri Pontianak’. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 10, no. 4 (2021): 1–9.
Qomar, Mujammil. Strategi Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga, 2013.
Rifqi, Mirajul, Kiki Yasdomi, Hendri Maradona, Dona Dona, Khairul Sabri, Imam Rangga Bakti, and Ahmad Albar Saragih. ‘Optimalisasi Layanan Perpustakaan Sekolah Menggunakan Senayan Library Management System SLiMS Pada SMKS Ismailiyah’. Mejuajua: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 1, no. 2 (2021): 42–47.
Sinaga, Alekmida. ‘Manajemen Sistem Informasi Instituational Repository’. Satya Sastraharing: Jurnal Manajemen 5, no. 1 (2021): 74–87.
Sugiyono, Sugiyono. Metode Penelitan Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta, 2016.
Sulastri, Rini, Fahmi Azkia Abdullah, Hasan Alfarizi, Neng Najah Nurul Sa’diah, and Siti Rahmawati. ‘Optimalisasi Pengelolaan Administrasi Pada Perpustakaan PRC (Pameungpeuk Reading Club)’. In Proceedings UIIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1:191–204. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati, 2021.
Susanti, Winda, and Triana Rosalina Noor. ‘Analisis Pelaksanaan Blended Learning Pasca Pandemi Covid-19 Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Sragen’. khatulistiwa 4, no. 1 (2023): 1–10.
Syahdan, Syahdan, Madinatul Munawwarah Ridwan, Ismaya Ismaya, Andi Muhammad Aminullah, and Elihami Elihami. ‘Peranan Perpustakaan Dalam Mendukung Proses Pembelajaran Siswa Madrasah Aliyah Ma’had Manailil Ulum Pondok Pesantren Guppi Samata’. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan dan Informasi 1, no. 2 (2021): 48–65.
Wahab, Junarsi, Anthonius M Golung, and Meity D Himpong. ‘Peran Staf Perpustakaan Dalam Meningkatkan Kualitas Pengolahan Bahan Pustaka Di Kantor Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Tidore Kepulauan’. ACTA DIURNA KOMUNIKASI 2, no. 4 (2020): 1–13.
Yusuf, Adam Maulana, Evi Nursanti Rukmana, and Asep Saeful Rohman. ‘Pengolahan Bahan Pustaka Menggunakan Aplikasi Slims Di Perpustakaan Sekretariat Karang Taruna Desa Jatimukti Kecamatan Jatinangor’. IQRA: Jurnal Perpustakaan dan Informasi 16, no. 1 (2022): 143–163.
Yusuf, Pawit M. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah,. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.
Zaifaturridha, Reni Damayanti, and Indra Syahputra. ‘Implementasi Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatakan Mutu Lembaga Pendidikan Islam Di MTS An Nadia Lubuk Jaya Langkat’. Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat 2, no. 2 (2022): 83–93.
‘Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan’.
Published
2024-10-26
Section
Articles