Pengelolaan Program Madrasah Diniyah dalam Meningkatkan Pemahaman Nilai-Nilai Keagamaan

  • Mufaizah Universitas Sunan Giri Surabaya
Keywords: madrasah diniyah, pemahaman nilai-nilai keagamaan

Abstract

Diniyah merupakan lembaga pendukung alternatif dalam melaksanakan kegiatan Internalisasi nilai-nilai keagamaan pada peserta didik, aspek nilai-nilai Islami terdiri dan tiga hal yakni nilai aqidah, ibadah dan akhlak, nilai-nilai tersebut merupakan hal sangat vital bagi pendidikan Islam era in Madrasah Diniyah muncul sebagai wadah pendidikan Agama bagi masyarakat yang menginginkan porsi pendidikan Agama yang lebih banyak bagi anak-anak mereka. Jika Madrasah Diniyah ini dapat dijalankan sesuai dengan fungsinya dan dikelola dengan manajemen yang baik, maka Madrasah Diniyah dapat menjadi salah satu solusi bagi permasalahan Pendidikan Agama di Indonesia Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan kepustakaan sebagai sumber informasi dalam pengelolaan program madrasahi diniyah dalam meningkatkan pemahaman nilai-nilai keagamaan Tujuan dan penelitian in adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan, model pelaksanaan, dan evaluasi penanaman nilai keagamaan pada anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansori, M. (2022). INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAMI MELALUI PROGRAM WAJIB DINIYAH. 3(1), 122–148.
Anwar, H. (2017). Standar pengelolaan pendidikan dalam perspektif pengelolaaan madrasah aliyah swasta. 5, 15–27.
Azizah, N. L., & Arief, N. F. (2022). Penerapan Teknik Mnemonic Kata Kunci dalam Pembelajaran Tarekh Kelas IV Madrasah Diniyah. 6(6), 9671–9679.
Azizah, R. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Implementasi Pembelajaran Pai Siswa Madrasah Diniyah Nurul Huda Pasuruan. 07(01), 1–15.
Azizi, M. A., Andriani, P., & Islamy, A. (2022). Cadar dan Tantangan Sosial : Studi Fenomenologi atas Kewajiban Penggunaan Cadar bagi Santriwati Ma ’ hadal Ulum Diniyah Islamiyah Bireuen Aceh. 21(1), 1–13. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v21i1.6253
Basid, A. (2018). INTEGRATION OF MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH TO SECULAR SCHOOL IN CIREBON CITY. 31, 65–82.
Haedar, A. (2021). Madrasah diniyah. Wikipedia.
Hanum, Z., & Syahr, A. (2016). MEMBENTUK MADRASAH DINIYAH SEBAGAI ALTERNATIF LEMBAGA PENDIDIKAN ELITE MUSLIM BAGI MASYARAKAT. 3.
Jannah, M., Diana, E., & Jadid, U. N. (2022). PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH DINIYAH MELALUI PARTISIPASI MASYARAKAT. 4(2), 41–57.
Murniati, Mahfudlah Fajrie, K. M. (2020). UPAYA PENGUATAN KELEMBAGAAN KELOMPOK PENGAJAR MADRASAH DINIYAH AL-IKHLAS DESA KARANGGONDANG. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 69–74.
Nizah, N. (2016). Dinamika Madrasah Diniyah. 11(1), 181–202.
Novianti, L., Hidayat, S., & Muhammad, S. (2020). GURU SEKOLAH DASAR Model Penanaman Nilai Keimanan Pada Anak Usia Sekolah Dasar di Madrasah Diniyah Miftahurrahman. 7(2), 243–252.
Prasetyana, Z., & Mariyati, L. I. (2020). HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN REGULASI DIRI PADA SANTRI MADRASAH DINIYAH DI SIDOARJO. 2(2), 76–87.
Rohman, A. (2022). Analisis Metode Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Diniyah Al- Amiriyyah Blokagung. 2(1), 122–139.
Rojii, M., Mahfud, C., & Zuhair, M. (2020). MANAGEMENT OF INTEGRATED MADRASAH DINIYAH CURRICULUM DEVELOPMENT AT SD KHAZANAH. 9(1), 96–115.
Saiful, A., Abdul, A., & Ismatul, A. (2022). Manajemen Kurikulum Madrasah Diniyah Babussalam Wangkal Gading Probolinggo. 6(2), 4156–4163.
Salahuddin, H. M. (2012). PENGEMBANGAN KURIKULUM MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH. Cendikia, 10.
Sultan, I., Hasanuddin, M., Jend, J., No, S., Serang, K., Abdul, J. K. H., Hasan, F., No, B. D., & Serang, K. (2016). PELAKSANAAN PENDIDIKAN MADRASAH DINIYAH DI KOTA SERANG. 1.
Ulumuddin, ihya’. (2020). PENGELOLAAN MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH ULA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PENDIDIKAN KEAGAMAAN DI DESA TEMPEH KIDUL KECAMATAN TEMPEH LUMAJANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1, 75–84.
Wardi, S. (2017). PROGRAM PEMBELAJARAN MADRASAH DINIYAH ( MADIN ) SEBAGAI SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN AGAMA BAGI SISWA untuk meningkatkan pengetahuan agama bagi siswa sekolah umum . Jurnal Pembelajaran Prospektif, 4.
Published
2021-04-30
Section
Articles