VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN APLIKASI CAPCUT PADA MATERI KHALIFAH UMAR BIN ABDUL AZIZ DI KELAS VIII MTS DARUL AMIN
DOI:
https://doi.org/10.70281/4z2efh84Keywords:
media video animasi, pembeljran, Sejarah Umar bin Abdul Aziz, analisis kebutuhan siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan media video animasi dalam pembelajaran materi Sejarah Umar bin Abdul Aziz pada siswa kelas VIII di MTS Darul Amin dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket yang melibatkan 25 siswa. Observasi partisipatif dilakukan untuk mengamati proses pembelajaran, sedangkan wawancara terhadap guru dan siswa bertujuan untuk memperoleh informasi tentang kebutuhan media pembelajaran yang efektif. Angket yang terdiri dari dua indikator yaitu kebutuhan media infografis dan kecenderungan gaya belajar digunakan untuk menilai sejauh mana siswa memanfaatkan media video animasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun ada larangan membawa telepon genggam ke sekolah, siswa masih memiliki akses terhadap perangkat tersebut di luar sekolah, yang menunjukkan potensi pemanfaatan media video animasi. Penelitian ini juga menekankan pentingnya dukungan dari pihak sekolah dalam menyediakan sarana belajar yang memadai. Dengan demikian, penggunaan media video animasi diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.
Downloads
References
Aisyah, N., & Jannah, L. Z. M. (2023). Penerapan Video Pembelajaran Animasi Dalam Meningkatkan Minat Belajar SKI. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 3(4), 202-212.
Aprilliana and Efendi "PENGGUNAAN APLIKASI CAPCUT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS IKLAN PADA SISWA KELAS VIII SMPN 4 JAMPANGTENGAH KABUPATEN SUKABUMI" Triangulasi jurnal pendidikan kebahasaan kesastraan dan pembelajaran (2022) doi:10.55215/triangulasi.v2i2.6732
Deriyan "Pengembangan Media Video Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Aplikasi Capcut di Kelas V SD" Jurnal penelitian pendidikan mipa (2022) doi:10.32696/jp2mipa.v7i1.1332
Fitrianingtyas et al. "Efektivitas Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Smartphone bagi Pendidik PAUD" Murhum jurnal pendidikan anak usia dini (2021) doi:10.37985/murhum.v2i2.48
Fitrianingtyas et al. "Efektivitas Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Smartphone bagi Pendidik PAUD" Murhum jurnal pendidikan anak usia dini (2021) doi:10.37985/murhum.v2i2.48
Kembang, L. G. (2020). Perbandingan model pembelajaran tatap muka dengan model pembelajaran daring ditinjau dari hasil belajar mata pelajaran SKI (studi pada siswa kelas VIII) MTs Darul Ishlah Ireng Lauk Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, Uin Mataram).
Mesra, R., Anton, E. E., & Sari, D. K. (2024). Pelatihan CapCut video editing untuk meningkatkan skill dan daya saing mahasiswa pendidikan di dunia kerja. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 5381-5391.
Mudana "MEMBANGUN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN KI HADJAR DEWANTARA" Jurnal filsafat indonesia (2019) doi:10.23887/jfi.v2i2.21285
Nurhayati "ANALISIS PERILAKU PERSEPSI HEDONIS TERHADAP KESUKSESAN APLIKASI CAPCUT MENGGUNAKAN METODE DELONE DAN MCLEAN" Jati (jurnal mahasiswa teknik informatika) (2023) doi:10.36040/jati.v7i3.7009
Rosida and Safeyah "VIDEO PEMBELAJARAN MAPEL UNAS UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR DI DESA KRAMATINGGIL GRESIK" Jabn (2020) doi:10.33005/jabn.v1i2.20
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif (Quantitative Research Approach). Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Santoso, Dony Handhika, and Erik Ismaya Aditia. 2021. “Pengaruh Model Project Based Learning Dan Problem Based Learnng Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Educatio FKIP ...7(4):1544–50. doi: 10.31949/educatio.v7i4.1449.
Sartika, Fitri, Elni Desriwati, and Mahyudi Ritonga. 2020. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar PAI Di Sekolah Dan Madrasah.” Humanika20(2):115–28. doi: 10.21831/hum.v20i2.32598.
Setyadi, H. A., Sardiarinto, S., Nugroho, W., & Perbawa, D. S. (2024). Penggunaan Aplikasi CapCut Untuk Menghasilkan Konten Video Kreatif Bagi Para Santri. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 5(2), 1841-1848.
Shofiyah et al. "Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Pembuatan Video Pembelajaran Sains Berbasis Smartphone" Murhum jurnal pendidikan anak usia dini (2021) doi:10.37985/murhum.v2i1.29
Surniandari "WORKSHOP APLIKASI CAP CUT UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PUBLIKASI KEGIATAN BAGI STAFF KELURAHAN PALEDANG KOTA BOGOR" Suluh abdi (2023) doi:10.32502/sa.v5i2.7422
Wiryajati, I. K., I. G. Bawa Susana, I. W. Joniarta, IG. A. K. Chatur Adhi W.A., and I. K. Perdana Putra. 2022. “Penerapan Media Pembelajaran Video Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” J.K P. (Jurnal Karya Pengabdian)4(2):90–96.
Wisada et al. "PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER" Journal of education technology (2019) doi:10.23887/jet.v3i3.21735
Fudin, A. (2020). Pengaruh sarana prasarana terhadap kinerja guru. Manajemen Pendidikan, 15(1), 7-11.
Fauzan, A. 2018. Manajemen Sarana Dan Prasarana Pondok Pesantren Shuffah Hisbullah Natar Lampung Selatan.Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan,3 (1), https://doi.org/10.25217/ji.v3i1.240.
Susanti, Indrawati, R., & Nurasiah, I. (2021). Penerapan Teknik Video Learning dalam Meningkatkan
Keterampilan Wirausaha Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 2(1).
Putra, A. D., Rahmanto, Y., Satria, M. N. D., & Suwisma, I. B. (2023). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran pada SMK Negeri 1 Tegineneng. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(1), 129-134.
Astuti, P., & Krisnawati. (2023). Kesulitan siswa smp kelas VIII dalam memahami konsep matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 506–513. https://doi.org/https://doi.org/10.59098/mega.v4i1.865.
Husna, I., Purwosetiyono, F. D., & Endahwuri, D. (2020). Kemampuan pemahaman matematis siswa dalam memecahkan masalah trigonometri ditinjau dari kemampuan matematika. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(6), 501–509. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i6.6787.
Mansur, Peradaban Islam dalam Lintasan Sejarah, (Yogyakarta: Global Pustaka Utama, 2004), hlm.1.
Toha, Chabib, Metodelogi Pengajaran Agama, (Semarang: Pustaka Pelajar, 1999), hlm. 222-223.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hidayatullah Akbar Pratama, Siti Norhasanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



