Sekolah sebagai Sarana Sosialisasi dan Perkembangan Kepribadian Anak

Authors

  • Herwani . Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Syarif Abdurrahman Singkawang Kalbar Indonesia
  • Rubi Awalia Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Syarif Abdurrahman Singkawang Kalbar Indonesia
  • Husyin Saputra Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Syarif Abdurrahman Singkawang Kalbar Indonesia
  • Supatmi . Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Syarif Abdurrahman Singkawang Kalbar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52166/tasyri.v30i1.217

Keywords:

Sekolah, Sosialisasi, Kepribadian Anak

Abstract

 Sekolah mempunyai peran penting dalam pembentukan kepribadian siswa karena sekolah adalah wadah  atau tempat proses belajar seseorang dari tidak tahu menjadi tahu, tidak mengerti menjadi mengerti dan tidak terdidik menjadi berpendidikan. Peranan sekolah sebagai lembaga yang membantu lingkungan keluarga, maka sekolah bertugas mendidik dan mengajar serta memperbaiki dan memperhalus tingkah laku siswa yang dibawa dari keluarganya. Pembentukan kepribadian akhlak mulia siswa melalui sosialisasi berupa pembinaan, bimbingan, dan pengawasan telah sekolah terapkan. Kepribadian adalah cara seseorang berinteraksi dengan orang lain. Hubungan sesorang dengan kepribadiaan dengan pembelajaran di sekolah yang telah di pelajari untuk di terapkan ke lingkungan masyarakat. Kepribadiaan seseorang berbeda-beda tergantung awal pembentukan kepribadian itu terjadi yaitu lingkungan keluarga. Jika seorang anak terlahir lingkungan berkepribadian pemalu maka akan bisa membentuk kepribadian yang malu baik dari awal memasuki tingkat sekolah hingga kepada lingkungan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-05-08

Issue

Section

Articles