STRATEGI GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA MATA PELAJARAN FIQH DI MA AL-JIHADIYAH CIKARANG

Authors

  • Pengelola Pengelola
  • Debibik Nabilatul Fauziah

DOI:

https://doi.org/10.70281/9xycc385

Keywords:

strategi pengelolaan kelas, pembelajaran fiqih

Abstract

Strategi pengelolaan kelas merupakan kemampuan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan memulihkan jika terjadi gangguan dalam proses pembelajaran. permasalahan yang sering dihadapi di Lembaga sekolah tentunya berkaitan dengan proses pembelajaran dan menjadi hambatan dalam proses belajar dan mengajar. Permasalahan manajemen pengelolaan kelas sangat erat kaitannya dengan permasalahan sarana prasaranan serta menurunnya kedisiplinan siswa salah satu sekolah yang mempunyai permasalahan dalam hal tersebut adalah MA Al-Jihadiyah Cikarang Sukatani, terutama dalam pembelajaran Fiqih, oleh sebab itu penulis tertarik untuk meneliti Strategi guru dalam pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru Fiqih dalam membina kedisiplinan siswa. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif. Proses pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru Fiqih dilakukan dengan dua cara yaitu membuat peraturan tidak tertulis dan menggunakan metode reward dan punishment. Faktor pendukung stategi guru dalam pengelolaan kelas adalah profesionalitas guru dan murid yang kooperatif. Sedangkan faktor penghambatnya terletak pada faktor internal yaitu keluarga yang kurang memberi perhatian kepada siswa dan fasilitas sekolah yang kurang mendukung. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan penilaian Program .Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Echols, J. M., & H. S. (1996). Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia. Faldi, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Jurnal Humanika, 21(1), 33-54.

Khatimah, A. K., & Sukartono. (2022). Strategi Guru dalam Pengelolaan Kelas pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), hal 1-8.

M. F. (2005). Holistika pemikiran pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Nasiruddin. (2005). Pendidikan Fiqh Berbasis Kompetensi. Jurnal Pendidikan Islami, 14(1), hal 36.

Rosidah. (2018). Strategi pengelolaan kelas efektif dan efisien dalam proses pembelajaran. Jurnal teknologi pendidikan Madrasah, 1(2), 209-217.

S, D., & A. Z. (2013). Strategi Belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

S. L. (2012). Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Supardi. (2014). Kinerja guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Wahyudin W, Sitika, A. J., & Fauziah, D. N. (2022). Peranan Guru Dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMP Al-Isra Kecamatan Majalaya Kabupaten Karawang. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(3), 682-694. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i3.1987

Yestiani, D. K., & N. Z. (2020). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 41-47.

Sistem pengelolaan kelas di Indonesia dalam kurikulum 20113. (2017). jurnal pendidikan Islam Iqra', 11(2), 25-37.

Slameto. (2020). Strategi Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dengan profesional. Pasuruan: CV Qiara Media .

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

T. J. (2009). Kamus usul Fikih. Jakarta: Amzah.

W. N. (2013). Desain Pembelajaran Pendidikan. Yogyakarta : Ar-RuzZ Media.

Published

2025-10-30

Issue

Section

Articles