PENGARUH STRATEGI PENGELOMPOKAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQURAN HADIS TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS VII DI MTSN 4 KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.70281/d6n2er44Keywords:
Strategi pengelompokan siswa, PemahamanAbstract
Dalam Pendidikan seorang guru adalah sosok terpenting dalam proses belalajar-mengajar. Pada penelitian ini penulis mencoba untuk menjelaskan tentang adakah pengaruh strategi pengelompokan siswa dalam kegiatan belajar mengajar Al-Qur’an hadis dalam pemahaman siswa di Mtsn 4 Karawang. Tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui Pengaruh Strategi pengelompokan siswa terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Alquran hadis di MTs Negeri 4 Karawang. Penelitian ini adalah penelitan kuantitatif dengan desain quasi experimental desaign, Populasi dari penelitian ini adalah kelas vii tahun ajaran 2022/2023, selanjutnya di tentukan sampel dengan Purposive sampling untuk mendapatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini terlihat adanya pengaruh yang signifikan dari strategi pengelompokan siswa terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran al-quran hadis.
Downloads
References
Azhari, M. (2014). Pengaruh Komunikasi Guru Ekonomi Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Pemahaman Siswa Pada Materi Ketenagakerjaan Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Xiii Koto Kampar.
Djalal, F. (2017). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, Dan Model Pembelajaran. Sabilarrasyad: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kependidikan, 2(1).
Fauzi, A., Nisa, B., Napitupulu, D., Abdillah, F., Gde Satia Utama, A. A., Zonyfar, C., Nuraini, R., Silvi Purnia, D., Setyawati, I., Evi, T., Dian Handy Permana, S., & Susila Sumartiningsih, M. (2022). Metodologi Penelitian.
Irawan, M., Apri, Z., & Yakin, H. H. (2021). Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist. In Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 1, Issue 1).
Kma No 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum Pai Dan. (N.D.).
Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).
Nasution. S. (1999). Teknologi Pendidikan . Cv Jammars.
Nasution, Z. (2020). Strategi Pembelajaran Quran Hadis Dalam Memaksimalkan Proses Pembelajaran Alquran Hadis. Jurnal Al-Fatih, 3(2), 269–280.
Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2022). Metode Penelitian Pendidikan (E. Munastiwi & H. Ardi, Eds.; Cetakan Pertama). Cv. Bumi Maheswari. Www.Erhakautama.Com
Sulaiman, S. (2014). Model Pembelajaran Cooperative Learning (Suatu Analisis Psikologis Dalam Pembelajaran). Visipena Journal, 5(2).
Zein, M. (2016). Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(2), 274–285.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Fatur Rafi Naufal, Abdurrohim Abdurrohim, Taufik Mustofa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



